Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Bacaan Tajwid Pada Surat An-Nasr (ٱلنَصۡرُ) dan Artinya

GWDan bacalah Al – Qur’an dengan perlahan - lahan yang jelas. Salah satu nas atau dalil yang ada di dalam Al-Qur’an mengenai penting membaca Al-qur’an yang sesuai dengan makhroj dan huruf – hurufnya yang sesuai, pas, jelas dan menghakimi huruf sesuai dengan hak-haknya.

Kalian tentunya sudah mengerti bukan ? bahwa tajwid itu begitu penting, yang mana hal itu juga di anjurkan dan diperintahkan melalui ayat yang ada dalam Al-Qur’an itu sendiri.

Mengenai pembahasan kali ini, yang bersangkutan dengan tajwid, yakni Hukum Bacaan Tajwid Pada Surat An-nasr (ٱلنَصۡرُ) dan Artinya, sebelum membahas mengenai hukum bacaan apa saja yang ada pada surat An-nasr, taukah kalian mengenai asbabun nuzul dari surat ini ? dan suratnya An-nasr itu bacaanya bagaimana ? berikut ulasanya

Asbabun nuzul dari surat An-nasr dimulai dari tentara quraisy yang ingin menyerang Rasulullah SAW ketika memasuki kota mekkah, pada saat itu beliau memerintahkan Khalid bin Walid untuk memasuki kota tersebut yakni mekkah dari dataran rendah untuk menyerang bala tentara quraisy, yang mana khalid bin walid mendapatkan kemenanganya, sehingga peristiwa bersejarah yang tentunya atas atas kehendak Allah, maka Jibril menghadap Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wasallah dengan membawa ayat yang terkandung didalam surat An-Nasr. Berikut surat An-Nasr ayat 1-3

إِذَا جَاۤءَ نَصۡرُ ٱللَّهِ وَٱلۡفَتۡحُ

وَرَأَیۡتَ ٱلنَّاسَ یَدۡخُلُونَ فِی دِینِ ٱللَّهِ أَفۡوَاجࣰا

فَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ وَٱسۡتَغۡفِرۡهُۚ إِنَّهُۥ كَانَ تَوَّابَۢا

Artinya :

-* Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,

-* Dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah,

-* Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima taubat.

Surat yang mengandung intisari, mengenai perintah untuk bertasbih dan meminta ampun atas segala dosa ketika mendapatkan kemenangan itu, yakni atas tentara quraisy yang akan menyerang Rasulullah SAW. Begitu lembut dan belas kasihnya sehingga dalam kemenangan itu tidak adanya rasa sombong dan jumawa Allah AZZA WAJALLA. (HR. Abdurrazak dari Ma’mar dari Zuhri dalam kitab Al-Mushannaf)

 

Hukum Bacaan Yang Terdapat Pada Surat An-nasr (ٱلنَصۡرُ)

Tentunya kalian semua sudah tahu hukum bacaan tajwid itu apa saja, dan banyak sekali macamnya, dari segi sifatnya, bentuknya, keluarnya huruf dan keadaan tertentu ketika harakat diikuti dengan huruf-huruf hija’iyah yang jumlahnya ada 28, dikatakan juga ada 30 yang termasuk yakni (lam alif dan hamzah), didalam buku standar tajwid sendiri dikatakan huruf hija’iyah itu sendiri ada 29, untuk lam alif tidak ada lebih jelasnya silahkan baca pada artikel huruf huruf hija’iyah.

Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin Pada Surat An-nasr (ٱلنَصۡرُ)

Ada 5 hukum nun sukun dan tanwin, setiap hukumnya memiliki kriteria tersendiri untuk ditetapkan sebagai ha katas hukum itu sendiri, baik dari segi bertemunya, keadaanya dan begitu juga cara bacanya, untuk lebih jelasnya bisa kalian baca pada babnya nun sukun dan tanwin, disitu telah dijelaskan secara gambling tinggal kemauan untuk membaca saja.

Hukum Bacaan Tawjid

Lafadz

Sebab

Idgham bighunnah

-

-

Idgham bilaghunnah

-

-

Iqlab

-

-

Idzhar

-

-

Ikhfa

-

-

 Jadi pada surat An-Nasr tidak ditemukan adanya hukum nun sukun dan tanwin. Mengapa ? yang dimaksud dengan nun sukun dan tanwin yakni ketika dalam sebuah ayat, atau dalam kejadian, dimana ada huruf nun yang berharakat sukun atau mati bertemu salah satu huruf hija’iyah.

Begitu pula juga ketika ada harakat tanwin yakni apa saja ? dhummah tanwin, fathah tanwin, kasrah tanwin (keadaanya dipangku huruf hija’iyah atau juga ada kondisi dibawah seperti kasroh tanwin) diikuti atau bertemu dengan salah satu huruf hija’iyah maka dihukumi salah satu hukum yang tergolong kedalam hukum nun sukun dan tanwin itu sendiri.

Hukum Bacaan Mim Sukun Pada Surat An-nasr (ٱلنَصۡرُ)

Sudahkah kalian tahu ada berapa banyaknya hukum sukun itu ? dan yang dimaksud mim sukun itu sendiri yang bagaimana ? dan seperti apa ? bagaimana keadaanya ?

Mim sukun merupakan huruf hija’iyah yang telah dihiasi dengan sebuah harakat yakni sukun (ْ) dengan maksud untuk mempermudah bacaan, bentuknya seperti ini (مۡ), keadaanya harakat sukun (harakat pertanda huruf tersebut dibaca mati) berada diatas huruf mim.

Hukum mim sukun sendiri terbagai menjadi tiga bagian, setiap bagianya memliki syarat dan kriteria untuk masuk kedalam bagian hukum mim sukun tersebut, lebih jelasnya untuk apa saja bagianya ? silahkan baca pada babnya hukum bacaan mim sukun.

Hukum Bacaan Tawjid

Lafadz

Sebab

Ikhfa’ Syafawi

-

-

Idgham Mistli

-

-

Idzhar Syafawi

بِحَمۡدِ

Bertemunya mim sukun dengan huruf dal

Jadi Pada Surat An-nasr (ٱلنَصۡرُ) terdapat satu hukum bacaan yang termasuk kedalam bagian dari hukum mim sukun yakni lafadz بِحَمۡدِ dibaca jelas dan pendek, disitu terlihat keadaanya, ada mim sukun kemudian diikuti dengan huruf yang termasuk bagian dari idzhar syafawi yakni dal.

Hukum Bacaan Mad Pada Surat An-nasr (ٱلنَصۡرُ)

Terdapat 2 hukum bacaan mad yang kemudian dirincikan lagi pada tiap 2 bagian itu, yakni pada bagianya mad asli (mad thobi’i) dan mad far’I. mengenai apa saja bagianya silahkan baca pada babnya macam-macammad.

Hukum Bacaan Tawjid

Lafadz

Sebab

Mad thobi’i

إِذَا جَاۤءَ

Fathah diikuti alif pada huruf dzal

 

وَرَأَیۡتَ ٱلنَّاسَ

Fathah diikuti alif pada huruf nun

 

یَدۡخُلُونَ

Dhummah diikuti wawu pada huruf lam

 

فِی دِینِ

Kasroh diikuti ya’ pada hurufnya fa’ dan dal

 

أَفۡوَاجࣰا

Fathah diikuti alif pada huruf wawu

 

كَانَ تَوَّابَۢا

Fathah diikuti alif pada huruf kaf dan wawu

Mad wajib muttasil

إِذَا جَاۤءَ

Sebab Mad bertemu hazah dalam satu kalimat

Mad jaiz munfassil

-

-

Mad lazim

-

-

Mad ‘Arid

-

-

Mad lazim khilmi mutsaqol

-

-

Mad lazim khilmi mukhoffaf

-

-

Mad lazim harfi mutsaqol

-

-

Mad lazim harfi mukhoffaf

-

-

Mad farqi

-

-

Mad ‘Iwad

أَفۡوَاجࣰا

Sebab mewaqofkan tanwin mahal nasob pada huruf jim

 

تَوَّابَۢا

Sebab mewaqofkan tanwin mahal nasob pada huruf ba’

Mad lin

-

-

Mad shilah

-

-

Jadi pada surat An-Nasr (ٱلنَصۡرُ) terdapat tiga hukum bacaan yang menjadi bagian dari pembagian hukum bacaan mad, yakni mad asli itu sendiri, kemudian mad far’I yakni mad iwad dan mad wajib muttasil.

Hukum Bacaan Qalqalah Pada Surat An-nasr (ٱلنَصۡرُ)

Qalqalah adalah goncangan, pengertian lain qalqalah yaitu huruf yang apabila diucapkan terjadi goncangan pada makhrojnya sehingga terdengar pantulan suara yang kuat. Lebih jelasnya silahkan buka pada babnya sifat – sifat huruf.

Hukum Bacaan Tawjid

Lafadz

Sebab

Qalqalah sughro

یَدۡخُلُونَ

Sebab huruf dal sukun asli berada ditengah kalimat

Hukum Bacaan Ghunnah Pada Surat An-nasr (ٱلنَصۡرُ)

Ghunnah adalah suara dengung yang enak dalam hidung, yang tersusun dalam huruf mim (م) dan nun (ن). Atau dalam keterngan lain ghunnah adalah ketika ada nun (ن) atau mim (م) yang bertasydid.

Hukum Bacaan Tawjid

Lafadz

Sebab

Ghunnah

وَرَأَیۡتَ ٱلنَّاسَ

Ada nun yang bertasydid

 

إِنَّهُ

Ada nun yang bertasydid

Ada 2 huruf yang menjadikan keadaanya huruf dan harakat beserta tanda baca dihukumi ghunnah yakni mim dan nun, pada surat An-Nasr (ٱلنَصۡرُ) terdapat 2 keadaan yang dihukumi hukum bacaan ghunnah yakni seperti pada tabel diatas.

Jadi pada surat An-Nasr (ٱلنَصۡرُ) terdapat variasi dan macam hukum bacaan, antara lain adanya hukumnya mad, hukum mim sukun dan juga sifatnya qalqalah dan ghunnah , namun pada surat An-Nasr (ٱلنَصۡرُ) tidak ditemukan adanya tanda terjadinya keadaanya yang mengharuskan untuk menghukumi bagian dari hukum bacaan nun sukun dan tanwin.

Itulah artikel mengenai Hukum Bacaan Tajwid Pada Surat An-Nasr (ٱلنَصۡرُ) dan Artinya semoga bermanfaat, salam dari kami griya waras, see u next time.

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Hukum Bacaan Tajwid Pada Surat An-Nasr (ٱلنَصۡرُ) dan Artinya"