Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum Nun Mati, Nun Tanwin dan Nun Sukun Beserta Contoh GW

Gw - Ilmu tajwid merupakan ilmu dasar untuk bisa membaca Al-qur'an, di mulai huruf hija'iyah, kemudian harokat, di lanjutkan dengan tanda baca, di lanjutkan lagi mengenai hukum bacaan tersebut yang ketika di antara dua huruf bersandingan dengan huruf yang lain hukum dan tata cara membacanya pendek atau panjang, bahkan juga bisa saja huruf tersebut tidak di baca. 

Ada banyak sekali mengenai hukum bagaimana tatacara membaca yang baik dan sesuai dengan tajwid. Salah satunya adalah hukum nun sukun, sama kah nun sukun dengan nun mati ? kemudian bagaiman dengan nun tanwin apakah pengertian nya juga sama dengan nun sukun atau nun mati ?, kemudian ada berapa hukum bacaan nun sukun atau mati tersebut ? panjangnya setiap kriteria itu sendiri berapa ? Berikut di bawah ini pembahasan mengenai Hukum Nun Mati, Nun Tanwin dan Nun Sukun

Pengertian Nun Sukun dan Tanwin 

Nun sukun adalah huruf hijaiyah yang berharakat sukun yang tersusun atas nun itu sendiri kemudian di lengkapi dengan harakat sukun. 

Kemudian apa tanwin ? harakat yang mempunyai bunyi ng pada pelafalanya di setiap huruf yang berharakat tanwin tersebut. yang mempunyai ciri - ciri bergaris dua di atas huruf hijaiyah, seperti halnya fathah namun double (cleret dua di atas huruf hijaiyah). Ada juga dibawah garis dua, yang dinamakan dengan kasroh tanwin, ada yang seperti wawu namun ada garis tepinya pada lengkungannya, yang dinamakan dengan dhommah tanwin.

Apakah sama tanwin dan nun sukun atau nun mati ?

Jelas ini adalah sesuatu hal yang berbeda, nun sukun atau nun mati terdiri dari dua bagian yakni harakat dan huruf, sedangkan tanwin merupakan sebuah harakat yang bertujuan untuk menghidupkan suatu huruf dengan vokal ng.

Mengenai Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin, apa si hukum bacaan nun sukun itu, pengertianya apa si ? manfaat dari tahu akan bacaan nun sukun dan tanwin itu apa ? ada berapa pembagian hukum bacaan nun sukun dan tanwin

Pembagian Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin

Hukum nun sukun atau tanwin adalah setiap huruf hijaiyah yakni nun sukun atau huruf hijaiyah yang berharakat tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah yang terbagi ke dalam 5 hukum bacaan antara lain sebagai berikut :

1. Idghom Bighunnah

2. Idghom Bilaghunnah

3. Iqlab 

4. Idzhar 

5. Ikhfa'

Setiap 5 Hukum bacaan nun sukun tersebut mempunyai jatah huruf masing - masing, dengan total huruf hijaiyah yakni 28. yang mana dari 28 ini nanti terbagi ke dalam 5 hukum bacaan di atas, dengan paling banyak huruf yang di miliki yakni bacaan ikhfa'.

Idghom Bighunnah

Pengertian idghom bighunnah adalah hukum bacaan nun sukun yang mana setiap ada nun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf 4, yang di maksud kan disini adalah salah satu bukan dari ke semuanya huruf 4 tersebut, huruf 4 tersebut yakni ya', nun, mim, wawu (wau). 

Panjang dari hukum membaca idghom bighunnah satu alif dua harakat, ada pula imam yang menjelaskan dengan panjang yang lebih dari satu alif, satu alif itu biasanya satu ketukan atau satu manggutan kepala. Banyak sekali contoh dalam al-qur'an ini salah satu nya kumpulan contoh hukum bacaan idghom bighunnah pada surat al baqarah.

فِيْ رَيْبٍ مِّمَّا

Idghom Bilaghunnah

Pengertian idghom bilaghunnah adalah setiap ada huruf nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf hija'iyah yang di maksud salah satu adalah LAM dan RO'. dengan cara membacanya yakni tanpa di baca panjang dengan artian di baca pendek. kumpulan contoh hukum bacaan idghom bilaghunnah pada surat al baqarah.

وَلٰكِنْ لَّا يَشْعُرُوْنَ

Iqlab

Pengertian Iqlab adalah setiap ada huruf nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf hija'iyah yang berjumlah 1 huruf yakni BA', dengan cara membacanya yakni di baca panjang satu alif dua harakat kumpulan contoh hukum bacaan iqlab pada surat al baqarah.

فَلَمَّآ اَنْۢبَاَهُمْ بِاَسْمَاۤىِٕهِمْۙ

Idzhar

Pengertian idzhar adalah setiap ada huruf nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah huruf hija'iyah yang berjumlah enam (6) huruf, antara lain : alif, ha', kho', a'in, ghain, ha. dengan cara membacanya yakni di baca pendek tanpa terkecuali. pendek berarti tidak di baca satu alif atau 2 alif bahkan tiga alif, kumpulan contoh hukum bacaan idzharpada surat al baqarah.

وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

Ikhfa'

Pengertian ikhfa' adalah setiap ada huruf nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf hija'iyah yang berjumlah 15 ta', tsa', jim, dal, dzal, za', sin, syin, sha, dha, tha, dhza (ظ), fa', qaf, kaf, dengan cara membacanya yakni di baca panjang satu alif dua harakat atau 2 ketukan. kumpulan contoh hukum bacaan idzhar pada surat al baqarah.

 اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

Kesimpulan

Jadi dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa hukum bacaan nun sukun dan tanwin itu ada 5, dengan ketentuan 3 hukum di baca panjang satu alif dan 2 hukum di baca pendek yakni idzhar dan idghom bilaghunnah. Semoga bermanfaat billahitaufiq wal hidayah wassalamualaikum wr.wb. salam dari kami Griyawaras.com.

Itulah pembahasan mengenai Hukum Nun Sukun Dan Tanwin Beserta Contoh semoga bermanfaat see u next time.

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Hukum Nun Mati, Nun Tanwin dan Nun Sukun Beserta Contoh GW"