Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Ikhfa' 'Ala, Adna, Ausat, Syafawi dan Jadid GW

GW - Telah tersebar kedalam ayat Al-Qur'an tentang hukum bacaan tajwid, banyak sekali dan sudah sepatutnya di setiap surat di baca dengan menggunakan ilmu tajwid, rugi rasanya kalo tidak paham mengenai hukum bacaan ilmu tajwid, karena terasa akan kenikmatanya dalam membaca Al-Qur'an ketika mengetahui banyak ilmu yang dapat ditelaah, dipelajari dan tentunya berbagi untuk anak, cucu nanti bahkan kelak diakhirat menjadikan syafaatnya bagi orang-orang yang gemar akan mengaji al-quran apalagi sesuai dengan tuntunan ilmu tajwidnya.

Banyak sekali pelajaran yang ada pada ilmu tajwid salah satunya adalah Hukum Bacaan Ikhfa' 'Ala, Ikhfa' Adna, Ikhfa' Ausat, Ikhfa Syafawi dan Ikhfa' Jadid, yang dari ketiganya ini hanya beberapa dari hukum bacaan yang lain, ada pula hukum bacaan nun sukun, mim sukun, mad, dan ilmu tajwid lainya. 

Pembahasan 

Perbedaan mengenai Hukum Bacaan Ikhfa' 'Ala, Ikhfa' Adna, Ikhfa' Ausat, Ikhfa Syafawi dan Ikhfa' Jadid, kemiripan dari segi namanya mungkin menjadikan bingung untuk orang-orang yang baru belajar ilmu tajwid ini, merasa bahwa dengan nama yang sama-sama ikhfa di anggapnya ketentuan dan porsi bacanya sama, begitupun juga panjangnya bagaimana dalam membaca, apakah huruf-huruf yang dimiliki dari ketiga ikhfa ini sama ? berikut ini ulasan satu persatu dari ketiga ikhfa tersebut, yaitu ikhfa, ikhfa jadid, ikhfa syafawi

Pengertian dari Ikhfa' 'Ala, Ikhfa' Adna, Ikhfa' Ausat, Ikhfa Syafawi dan Ikhfa' Jadid

  • Ikhfa' 'Ala

Ikhfa' secara lughowi atau bahasa memiliki arti menyamarkan yang maksudnya adalah menyamarkan huruf, sedangkan 'Ala bermakna paling tingi maksudnya ikhfa'nya lebih lama dari ghunnanya seperti huruf Ta, Dal, Tho'. 

  • Ikhfa' Adna

Ikhfa' secara lughowi atau bahasa memiliki arti menyamarkan yang maksudnya adalah menyamarkan huruf, sedangkan Adna bermakna paling rendah maksudnya ikhfanya lebih pendek dari ghunnahnya di misalkan seperti huruf Qof, dan Kaf.

  • Ikhfa' Ausath

Ikhfa' secara lughowi atau bahasa memiliki arti menyamarkan yang maksudnya adalah menyamarkan huruf, sedangkan Ausath berasal dari kata wustho yang bermakna tengah-tengah dengan cara baca yakni sedang. hurufnya yakni selain ikfha ala dan ikhfa adna.

  • Ikhfa Syafawi

Ikhfa' secara lughowi atau bahasa memiliki arti menyamarkan yang maksudnya adalah menyamarkan huruf, sedangka syafawi itu sendiri bermakna bibir maksudnya adalah membaca huruf dengan bertemunya bibir. Hurufnya ada 2 yakni Mim dan Ba'.

  • Ikhfa' Jadid

Ikhfa' secara lughowi atau bahasa memiliki arti menyamarkan yang maksudnya adalah menyamarkan huruf, sedangkan jadid artinya baru maksudnya terciptanya huruf yang dikarenakan adanya pertemuan antara huruf sukun dua di akhir kalimat. Jumlah hurufnya ada 8 yaitu Ro', Dho, Lam, Mim, Nun, Wawu, Ha', Ya'.

Pembagian

Pada bab hukum bacaan nun sukun dan tanwin, kemudian hukum bacaan mim sukun telah di ketahui bahwa Ikhfa' 'Ala, Ikhfa' Adna, Ikhfa' Ausat adalah bagian dari hukum nun sukun dan tanwin, dari pengertianya yakni setiap nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan huruf 15 mengenai hurufnya silahkan buka pada bab hukum bacaan nun sukun dan tanwin.

Sedangkan Ikhfa syafawi merupakan ikhfa yang menjadi bagian dari hukum mim sukun, dengan penjelasan yakni setiap ada mim sukun bertemu dengan salah satu huruf 2 mengenai hurufnya silahkan scrol up, kemudian mengenai ikhfa jadid, seperti halnya namanya yakni ikhfa baru, adanya hukum bacaan ini di karenakan adanya huruf 2 sukun tadi dengan ketentuan terletak di akhir kalimat, sukun karena waqof, didahului huruf mati, dan huruf 8 tadi tidak bertasydid.

Jadi dari ke lima ikhfa ini memiliki bagian sendiri-sendiri yakni Ikhfa' 'Ala, Ikhfa' Adna, Ikhfa' Ausat bagian dari hukum bacaan nun sukun dan tanwin, ikhfa' syafawi menjadi bagian dari hukum bacaan mim sukun, sedangkan ikhfa jadid berdiri sendiri. 

Kesimpulan

Bahwa Hukum Bacaan Ikhfa' 'Ala, Ikhfa' Adna, Ikhfa' Ausat, Ikhfa Syafawi dan Ikhfa' Jadid memiliki perbedaan dari segi membaca, bertemunya huruf, dan juga kelompok dari ikhfa itu sendiri, semoga bermanfaat wassalamualaikum wr.wb salam Griyawaras.com.

 GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Perbedaan Ikhfa' 'Ala, Adna, Ausat, Syafawi dan Jadid GW"