Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Qalqalah Beserta Contoh dan Penjelasannya Ilmu Tajwid GW

GWQalqalah merupakan salah satu sifat huruf yang mempunyai arti guncangan atau memantukan, yakni memantulkan huruf hija’iyah yang termasuk kedalam bagian dari huruf qalqalah.

Cara memantulkannya yaitu ketika pelafadzan sebuah kalimat yang didalam kalimat tersebut terdapat huruf qalqalah baik dalam keadaan mati ataupun hidup sedangkan dalam keadaan sukun nanti ada 2 baik dikarenakan asli karena sukun atau sukun karena sebab waqof.

Pengertian Qalqalah

Qalqalah secara bahasa artinya guncangan atau memantulkan, yakni memantulkan hurufnya qalqalah, jumlahnya ada 5 yakni قطبجدٍ Qof, Tho, Ba’, Jim, Dal dari kelima huruf nanti terdapat pembagian dari sifat qalqalah itu sendiri tentang cara bacanya karena suatu sebab.

Qalqalah secara istilah menurut refrensi buku fathul mannan qalqalah adalah memantulnya suara keras dan kuat sebab kerasnya suara yang naik bersamaan dengan penekanan huruf pada makhrojnya.

Kemudian qalqalah menurut K. Bashori dalam bukunya adalah huruf yang apabila diucapkan terjadi goncangan pada makhrojnya, sehingga terdengar pantulan suara yang kuat yang mana huruf-huruf tersebut terkumpul dalam sebuah kalimat قطبجدٍ..

Tentang Terciptanya Qalqalah

Adanya sebuah guncangan pasti karena suatu sebab, seperti halnya sebuah gempa, karena adanya pergeseran lempeng bumi, atau mungkin ibarat naik mobil ketika melewati jembatan terjadi guncangan karena adanya pondasi pada tiap sendi bentang jembatan yang tidak sejajar atau tidak rata atau ada momen maka terjadilah jeglukan atau guncangan dalam mobil.

Begitupun sifat qalqalah ini karenanya ada suatu sebab yaitu karena huruf قطبجدٍ  ini sudah memiiki sifat jahr dan syiddah. Dimana jahr itu tercegahnya nafas, sedang syiddah tertahannya suara.

Jadi untuk pelafadzanya atau pengucapanya yaitu nafas dan suaranya tercegah, tidak terang hurufnya, supaya terang dan tidak serupa dengan huruf lain maka lalu dibutuhkan tambahan suara yang keras, sehingga terdengar suara pantulan.

Contoh – Contoh Qalqalah

Pada bahasan contoh ini nanti ada yang mengarah pada pembagian qalqalah itu sendiri, ada pula memang karena sifat qalqalahnya huruf itu sendiri. Karena qalqalah dalam keadaan sukun itu nanti ada dua yaitu qalqalah kubro dan sugro, kalo kubro pantulanya lebih dalam dari pada qalqalah sugro. Dibawah ini contoh-contoh qalqalah.

Contoh

Bacaan

Sebab

يَقْطَعُوْنَ

Qalqalah Shugro

Karena sebab huruf qof itu sukun asli ditengah kalimat

بَرْقٌ

Qalqalah Kubro

Karena huruf qalqalah Qof itu hidup dengan berharakat dhummah tanwin dan dimatikan sukun karena waqof

مَريْجٌ

Qalqalah Kubro

Sebab adanya jim diakhir kalimat yang dibaca sukun karena waqof

لَقدْجَاءَ

Qalqalah

Sebab qof merupakan huruf qalqalah atau mdal yang menjadi nbagian dari huruf qalqalah dan dibaca qalqalah sughro karena sukun asli

أَحَدٌ

Qalqalah Kubro

   Sebab adanya dal yang berharakat dhummah tanwin dan disukun karena dibaca waqof

بِالْحَقُّ

Qalqalah Kubro

Sebab adanya qaf diakhir kalimat dengan harakat dhummah tanwin dan dibaca sukun karena waqof

Bagaimana keadaanya tasydid pada lafadz بِالْحَقُّ apakah tasydidnya tidak terbaca ? karena adanya sifat qalqalahnya itu ? pastinya dan harusnya tasydidnya tidak boleh hilang dan tidak boleh dihilangkan tetap terbaca dan terlihat dengan cara mentasydidkan dulu yang kemudian membaca sukun dengan qalqalah yang kuat karena adanya qaf diakhir kalimat yang mana sukun tidak asli.

Cara agar tasydidnya terlihat pada qaf yang terbaca qalqalah adalah dengan ditahahn dulu membaca qaf nya dari pelafadzan ha ke qaf sebelum menginjakkan pelafadzan qaf kebentuk sifat qalqalahnya.

Kemudian mengenai qalqalah sugro dan qalqalah kubro itu sebenarnya sama-sama sifatnya qalqalah namun dalam penekanan kuat dan tidaknya itu nanti dibedakan menjadi 2 bagian itu, lemah dan kuatnya tergantung dari keadaan huruf qalqalahnya.

Itulah artikel mengenai PengertianQalqalah Beserta Contoh dan Penjelasannya Ilmu Tajwid GW semoga bermanfaat salam dari kami griyawaras.com see u next time.

Saran Video Trending Fokus Artis

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Pengertian Qalqalah Beserta Contoh dan Penjelasannya Ilmu Tajwid GW"