Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Sifat - Sifat Huruf didalam Ilmu Tajwid GW

GW - Sifat ternyata tidak hanya terdapat di diri manusia ataupun makhluk hidup lainya, melainkan huruf pun juga memiliki sifat, sifat merupakan suatu karakteristik yang terdapat pada suatu obyek, atau juga dapat di jabarkan yakni sebuah tanda lahiriah baik itu meliputi rupa ataupun keadaan pada suatu obyek atau benda. 

dimisalkan seperti pohon bambu yang secara lahiriah mempunyai warna hijau pada batangnya, kemudian ada pula mangga yang secara sifatnya memiliki sifat warna hijau pada buahnya ketika masih muda dan memiliki sifat warna kekuning - kuningan ketika matang dan lain sebagainya yang memiliki makna dari sifat itu sendiri.

Pembahasan 

Sifat - Sifat Huruf 

Mengenal makna dari huruf itu sendiri adalah suatu bentuk lambang, goresan yang memiliki arti dalam bentuk bunyi, pelafalan sehingga terciptanya bunyi yang berbeda pada tiap bentuk lambang tersebut. Begitupun juga huruf - huruf hija'iyah yang tiap pelambangannya memiliki bentuk berbeda dan tanda yang berbeda, dari mulai alif sampai ya', kesemuanya ini memiliki sifat - sifat yang beragam, di antara lain sebagai berikut : 

1. Hams

Hams menurut bahasa artinya adalah samar, bukan samar - samar seperti perasaan seorang dua sejoli yang bagi masa ta'aruf haha, samar atau tidak terang. Maksud dari hal itu adalah suatu huruf yang apabila di lafadzkan atau di ucapkan, di matikan berdesis atau dengan nafas yang terlepas seperti halnya : ta, ti, tu, ka, ki, ku, ha, hi, hu dkk, yang termasuk kedalam sifat tersebut yakni fa, ha', tsa', ha, sya, kho', sho, sa', ka, ta. 

2. Jahr

Jahr dari segi bahasa memiliki arti nampak atau terang, yang mana maksud dari itu adalah suatu huruf yang apabila diucapkan atau dilafadzkan, dimatika tidak mengeluarkan desis atau nafas itu tertahan tidak keluar. hurufnya yakni jim, dal, dzal, za', dha, tha, dhza (ظ), qaf, lam, ro, mim, nun, wawu, ya, ba, 'ain, ghain, alif.

3. Syiddah

Syiddah dari segi lughowi bermakna kuat, dari segi istilah adalah suatu huruf yang apabila dalam pengucapan, pelafadzan suaranya tertahan atau berhenti seperti dimisalkan adalah qo, qi, qu, kemudian lagi ada ba, bi, bu kedua huruf yang telah di baca ini terhenti sifatnya sudah cukup sampai peladzan huruf tersebut. Sedangkan huruf hijaiyah yang tergolong ke dalam sifat syiddah yakni ada 8 antara lain : ALIF, JIM, DAL, QOF, THO, BA', KAF, TA'.

4. Rikhwah

Rik dari segi bahasa memiliki arti lunak, sedangkan secara istilah adalah suatu huruf yang apabila di ucapkan atau di lafadzkan suaranya terleppas atau masih berjalan beserta huruf tersebut, hurufnya yakni selain huruf syiddah dan tawassuth.

5. Tawassuth

Tawassuth secara lughowi memiliki arti tengah-tengah, sedangkan secara istilah yakni suatu huruf yang apabila diucapkan atau dilafadzkan suaranya antara tertahan dan terlepas, hurufnya yakni terdiri dari lam, nun, 'ain, mim, ro.

6. Isti'la'

Isti'la' secara bahasa memiliki arti naik atau terangkat maksudnya adalah ketika mengucapkan huruf, lidah terangkat atau naik ke langit-langit mulut, huruf hija'iyah yang memiliki sifat isti'la ada 7 yakni, Kho, Sho, Dho, Ghoin, Tho, Qo, Dzo.

7. Istifal

Istifal menurut bahasa memiliki arti ke bawah atau turun yang maksudnya adalah ketika mengucapkan atau melafadzkan huruf lidahnya turun ke dasar mulut, sedangkan hurufnya ada 21 yakni selain dari huruf isti'la'.

8. Ithbaq

Ithbaq secara lughowi berarti melekat maksudnya adalah lidah melekat pada langit-langit mulut ketika dalam keadaan mengucapkan huruf, yang termasuk kedalam sifat ini yaitu Sho, Dho, Tho, Dzo.

9. Infitah

Infitah secara bahasa bermakna terbuka penjelasanya yaitu ketika pelafadzan atau pengucapan, lidah merenggang dari langit-langit mulut, huruf yang tergolong kedalam sifat ini ada 24, yaitu selain dari huruf ithbaq.

10. Idzlaq

Idzlaq mempunyai arti ujung maksudnya yaitu setiap huruf-huruf yang keluar dari ujung lidah atau ujung bibir yang disebabkan karena cepatnya ketika pengucapan, jumlahnya huruf ada 6 yaitu Fa', Ro', Mim, Nun, Lam, Ba'.

11. Ishmat

Ishmat secara lughowi memiliki makna menahan atau diam penjelasanya yaitu huru-huruf yang tidak bertempat di ujung lidah atau ujung bibir yang disebabkan lambanya dalam pelafadzan, hurufnya yaitu selain huruf idzlaq berarti jumlahnya ada 22.

12. Asshofiir

Asshofiir secara lughowi memliki arti siul atau seruit huruf-hurufnya yakni ada 3 Sho, Za, Sin.

13. Qalqalah

Qalqalah secara bahasa memiliki arti goncang atau mantul hurufnya yakni ada 5 Qo', Tho', Ba', Jim, Dal.

14. Liin

Liin secara bahasa yaitu lunak yakni mengeluarkan huruf tanpa paksaan dan lunak. hurufnya yakni ada 2 Ya' dan Wawu

15. Inhiraf

Inhiraf secara bahasa memiliki arti condong jumlah hurufnya yaitu ada 2 Lam dan Ro'.

16. At-takriir

At-takriir secara bahasa memiliki arti mengulang- ngulang jumlah, hurufnya hanya satu yakni Ro'

17. At-tafassyi

At-tafassyi secara bahasa memiliki bermakna meluas atau tersebar seperti misalkan Sya. hurufnya yakni satu (sya).

18. Istitholah

Istitholah Secara bahasa memiliki arti memanjang hurufnya yakni Dho.

19. Ghunnah

Ghunnah Secara bahasa mempunyai makna Berdengung hurufnya yakni Nun dan Mim. Penjelasanya yaitu suara dengung yang enak dalam hidung yang tersusun dalam huruf mim dan nun tadi, baik dalam keadaan hidup maupun mati baik yang ikhfa, idghom bighunnah, idzhar merupakan sifat yang tetap bagi kedua huruf ini.

Kesimpulan

Bahwa sifat huruf yang banyak nya ada 19 itu terkandung huruf hija'iyah yang memiliki hak sifatnya sama, jadi dari ke 28 huruf hija'iyah tersebut tidak milik satu sifat saja, melainkan ada pula satu huruf yang memiliki 2 sifat, dimisalkan seperti sho kemudian sa, keduanya ini memiliki sifat Hams, dan juga memiliki sifat shofiir, sedangkan pada sho juga memiliki sifat ithbaq yang artinya itu adalah melekat, begitupun huruf - huruf lainya yang memiliki sifat yang berbeda sedangkan hurufnya sama.

Itulah pembahasan artikel mengenai 19 Sifat Huruf Hija'iyah semoga bermanfaat baik untuk kita semua terlebih untuk diri penulis pribadi trimakasih salam dari kami griyawaras.com, Wassalamualaikum wr.wb

 GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Mengetahui Sifat - Sifat Huruf didalam Ilmu Tajwid GW"