Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Huruf – Huruf Idzhar dan Sifatnya Huruf Idzhar Dilengkapi Makhorijul Hurufnya

GWSudahkah kalian tahu mengenai pengertian idzhar ? pada babnya nun sukun dan tanwin telah dijelaskan tentang idzhar dan lebih gamblangnya pada babnya “pengertian idzhardan contohnya”. Namun bagaimana dengan huruf idzhar cara untuk melafadzkan dan sifatnya bagaimana ? berikut ulasanya.

Tentang huruf – hurufnya idzhar

Huruf idzhar merupakan bagian dari huruf hija’iyah (huruf arab) yang jumlahnya ada 28, banyaknya huruf tersebut tidaklah sama dalam melafadzkan (mengeluarkan huruf) dan sifatnya. Oleh karena itulah terdapat tempat – tempat khusus pada tiap huruf tersebut, untuk dikeluarkan secara sempurna.

Huruf idzhar sendiri itu ada 6, apa sajakah huruf idzhar tersebut ? dalam kitab syifa’ul jinan karangan syekh said dikatakan dengan nadzom (فاظهرلدى همزٍ وهاءٍ حاءِ * والعينِ ثم الغينِ ثمّ الخاءِ) yakni maksudnya adalah ketika ada tanwin atau nun mati bertemu dengan salah satu huruf halaq. Apa itu huruf halaq ? huruf halaq yaitu hurufnya idzhar yang ada 6 {hamzah (همزه), ha’(هاء), ha(حاء), kho’(خاء), ‘ain(عين), ghain(غين)} maka ketika bertemu dengan huruf 6 itu wajib dibaca idzhar.

Makhorijul Huruf Idzhar (tempat keluarnya huruf idzhar)

Belajar tajwid kurang afdhol kalo tidak tahu tempat keluarnya huruf dan sifatnya huruf, karena hal ini adalah modal penting sebelum masuk pada hukum – hukum bacaan tajwid (ahkamul huruf) yang jumlahnya banyak sekali, dari hukum nun sukun dan tanwin, hukum mim sukun, hukum bacaan mad, hukum bacaan idgham shogiir.

Tempat keluarnya huruf itu ada 17 makhroj yang bertempat pada 5 tempat. Nah, untuk tempat keluarnya huruf idzhar 6 tadi yakni {hamzah (همزه), ha’(هاء), ha(حاء), kho’(خاء), ‘ain(عين), ghain(غين)} terletak pada tenggorokan (الحلقِ).

Maksudnya apa tenggorokan (الحلقِ) Halqi itu apa ? Halqi secara bahasa tenggorokan, secara istilah dalam babnya Makhorijul huruf adalah tempat kelaurnya huruf yang terletak pada tenggorokan, yang mana tempat tenggorokan tersebut terdapat beberapa tempat lagi dari mulai tenggorokan dalam, tenggorokan bagian tengah, tenggorokan yang paling dekat dengan lidah. Oleh karena itu lah kenapa dinamakan huruf halq ?.

Penempatan dari makhorijul huruf di tenggorokan (الحلقِ) antara lain :

-* Ghain (غين) dan kho ’(خاء) berada pada tenggorokan yang paling dekat dengan lidah (ujung tenggorokan).

-* Hamzah (همزه), ha’(هاء) berada pada tenggorokan bagian dalam.

-* Ha (حاء) dan ‘ain (عين) barada pada tenggorokan bagian tengah.

Sifatul Huruf Idzhar

Sifat huruf itu terbagi menjadi 2 lazimah dan aridhoh dari keduanya ini nanti terbagi dan terpecah menjadi beberapa bagian, akan tetapi tidak semua huruf bertempat pada satu tempat saja, melainkan ada yang double place bahkan tidak ganda lagi, ada yang 5 ada yang tujuh. Silahkan buka pada babnya sifatul huruf lebih jelasnya.

Kemudian bagaimana dengan sifatnya huruf idzhar itu termasuk pada bagian apa saja ? dari ke enam huruf tersebut termasukkah ke dalam 2 sifat huruf yakni sifat lazimah dan aridhoh ?, sifatnya nanti di bawah ini di uraikan.

Sifat Lazimah (berlawanan)

-* ‘Ain (عين), Ghain (غين), Hamzah (همزه) ketiga huruf ini termasuk kedalam sifat jahr

-* Ha (حاء), ha’(هاء), kho ’(خاء) Ketiga huruf ini mempunyai sifat hams

-* Pada Sifat Syiddah huruf idzhar yang termasuk kedalamnya yaitu Hamzah (همزه)

-* Sifat Rokhowah, huruf idzhar yang termasuk kedalamnya yaitu Ghain (غين), kho ’(خاء), ha’(هاء)

-* Sifat Bainiy huruf idzhar yang termasuk kedalamya yaitu ‘Ain (عين)

-* Sifa Isti’lak huruf idzhar yang termasuk kedalamnya yaitu  Ghain (غين), kho ’(خاء)

-* Sifat Istifal huruf idzhar yang termasuk kedalamnya yaitu ‘Ain (عين), Ha (حاء), ha’(هاء), Hamzah (همزه)

-* Sifat Infitah huruf idzhar yang termasuk kedalamnya yaitu ‘Ain (عين), Ghain (غين), Hamzah (همزه), kho ’(خاء) , Ha (حاء)

-* Sifat Ismat huruf idzhar yang termamsuk kedalamnya yaitu Ain (عين), Ghain (غين), Hamzah (همزه), kho ’(خاء) , Ha (حاء), ha’(هاء).

Jadi itulah artikel mengenai Huruf – Huruf Idzhar dan Sifatnya Huruf Idzhar Dilengkapi Makhorijul Hurufnya. Huruf idzhar sendiri itu ada 6 Ain (عين), Ghain (غين), Hamzah (همزه), kho ’(خاء) , Ha (حاء), ha’(هاء) sedangkan sifatnya huruf idzhar bermacam – macam (sifat jahr, sifat hams, sifat, syiddah, sifat rokhowah, sifat bainiy, sifat isti’lak, sifat istifal). Semoga bermanfaat salam dari kami griya waras. See u next time !

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Huruf – Huruf Idzhar dan Sifatnya Huruf Idzhar Dilengkapi Makhorijul Hurufnya"