Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sifat Hams dan Bagiannya Huruf GW

GWMembaca dan mengeluarkan huruf hija'iyah haruslah sesuai dengan sifat - sifatnya, tidak asal jeplak dan mangap saja, sehingga tercipta nada yang bagus, elok, tentunya enak di dengarkan, tidak merusak hak - haknya huruf.

Kemudian Agar tercipta mengeluarkan huruf yang sempurna itu bagaimana ?, haruskah mempelajari sifat-sifat huruf terlebih dahulu ? kalo memang ingin pandai, benar dan tepat dalam membaca kalamullah, baiknya pelajari dahulu dari cara baca huruf hija’iyah, kemudian mengetahui sifat-sifat hurufnya bagaimana ? 28 huruf arab itu termasuk kedalam sifat apa saja ? jadi nanti tahu cara menempatkan posisi dan keadaan dalam melafadzkan setiap hurufnya.

Tentu langkah itu tidak dimaksudkan hanya untuk tahu saja, namun juga akan tepat, bagus, baik dan benar. Hal ini pastinya akan meminimalisir terjadinya salah baca, yang bisa menjadikan diri berdosa karena sebab salahnya dalam membaca kalimat kalamullah (Al-Qur'an), mengenai salah baca silahkan bisa dibaca dan dimengerti pada bab Lahn khofy dan lahn jaly.

Bagaimana cara membedakan antara huruf ro, qo', ta, tho, dengan huruf - huruf lainya kalo tidak tahu sifatnya huruf ini apa, elokkah semua di baca tebal semua ?, elokkah semua di baca tipis semua ?, tentu tidak begitu, haruslah sesuai dengan sifat dan haknya. 

Pengertian Sifat Hams

Sifat Hams 

Mengenali sifat - sifatnya huruf yang banyak sekali macamnya dalam buku fathul mannan sifat-sifat huruf itu ada 19, salah satunya yakni sifat hams, yang mana sifat hams ini termasuk sifat lemah atau sifat daif ? mengapa sifat hams tergolong kedalam sifat huruf yang lemah (daif) ? dan apa itu sifat hams ? 

Sifat Hams mempunyai arti samar. Maksudnya adalah suaranya keluar nafas atau bisa di katakan (berdesis). adanya udara yang keluar dari dalam mulut, dan udara itu sedikit tidak semuanya seperti halnya menghela nafas yang amat panjang, berbeda sekali dan jauh sekali dari pemahaman.

Nah, oleh karenannya samar tersebut, maka sifat hams ini menjadi ringan akan pelafadzan, tidak kuatnya olehnya memusat atau bertahan pada makhrojnya, kalo keluarnya makhroj dalam bentuk suara semua tidak ada desis, maka nanti yang terjadi adalah sifatnya yang tergolog sifat qowiy atau kuat.

Pembagian Sifat Hams 

Setiap sifat mempunyai bagian hurufnya masing-masing, seperti misal syiddah mempunyai bagian huruf 8, kemudian qalqalah ada 5, dan bagian sifat-sifat lain tentu berbeda, sedangkan sifat hams bagaimana ? sifat hams mempunyai bagian huruf berapa atau ada berapa bagian huruf sifat hams ? berikut ini uraianya.

Huruf hija'iyah yang tergolong ke dalam sifat hams itu ada 10 antara lain : fa', ha', sa', ha', syin, kho', sod, sin, kaf, ta' atau terkumpul dalam kalimat فحثه شخص سكت (fahatsahu syakhshun sakat), mengapa ke sepuluh ini mempunyai sifat hams, karena cara membacanya itu berdesis tidak mantul, tidak juga kuat. 

Huruf - huruf di atas ini suaranya samar disertai nafas keluar yang di maksud seperti di atas tadi berdesis, di karenakan sebab kurang kuat olehnya memusat atau bertahan pada memproses huruf, jika cara mengeluarkan itu berbentuk suara semua, maka hal itu tidak di katakan berdesis dan sifatnya jahr yakni jelas dan sebaliknya kalo ada desisnya berarti sifatnya hams. Perhatikan lafadz di bawah ini, ada berapakah huruf yang mempunyai sifat hams ?

وَكَذٰلِكَ جَعَلْنٰكُمْ اُمَّةً وَّسَطًا لِّتَكُوْنُوْا شُهَدَاۤءَ عَلَى النَّاسِ

Yups, kalo anda menjawab 9 maka jawaban anda betul sekali, seperti halnya pemahaman di atas tadi, yakni pengertian dan pembagianya dari huruf hijaiyah yang mempunyai sifat hams ada 10. pada kutipan ayat alquran di atas terdapat 9 huruf yang mempunyai sifat hams yakni kaf 4, ta' 2, sin 2, ha' 1. 

Namun apakah ke sembilan itu hanya berdiam dan stuck disitu saja dalam bagian sifat hams ? tentu tidak, pada kenyataanya setiap huruf bisa mempunyai sifat 5 sampai 7 sifat, mengenai sifatnya itu apa saja ? pada babnya sifat-sifat huruf di dalam ilmu tajwid telah diuraikan silahkan baca.

Bahwa sifat hams itu cara membacanya berdesis, tidak kuat, dan juga tidak jahr, sedangkan huruf hija'iyah yang mempunyai sifat hams itu ada 10 yakni fa', ha', sa', ha', syin, kho', sod, sin, kaf, ta', itulah pembahasan mengenai Pengertian Sifat Hams dan Bagiannya Huruf GW. Semoga bermanfaat wassalamualaikum wr.wb. salam Griyawaras.com.

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Pengertian Sifat Hams dan Bagiannya Huruf GW"