Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Idzhar dan Contohnya Beserta Latihan Soal GW

GW - Bertemunya nun mati dan tanwin dengan huruf hija’iyah yang ada 28 merupakan sebuah kasus dimana sebuah hukum bacaan tercipta dan disepakati oleh para ahli Quro’, yakni jumlahnya ada 5 macam diantaranya adalah ada idgham bighunna (idgham ma’alghunnah), idgham bilaghunnah, iqlab, idzhar, ikhfa’.

Dari kelima itu, ada 2 hukum bacaan yang dibaca pendek dan 3 dibaca panjang satu alif atau dua harakat, selain panjang dan pendeknya tersebut sebuah hukum bacaan dan setiap hukum bacaan mempunyai ciri khas yang berbeda salah satunya adalah pada bacaan idzhar yang akan dibahas dibawah ini.

Idzhar

Pengertian dari pada idzhar secara bahasa yakni Terang, Jelas maksutnya jelasnya dalam membaca huruf yang menjadi bagian dari padanya huruf idzhar tersebut. Apa saja huruf idzhar ? yakni ada 6 (enam) Alif, Ha’, Ha, Kho, A’in, Ghain.

Nah dari ke enam huruf tersebut harus terpenuhi hak – haknya dalam membaca, tidak boleh membaca A’in tapi dengan memasukkan hurufnya Nun atau Harakatnya tanwin kedalam huruf selanjutnya yakni milik idzhar, nanti jatuhnya ghunnah namun itu adalah salah, dikarenakan jauhnya makhroj antara nun dan huruf halaq. Apa itu huruf halaq ? huruf halaq adalah huruf yang keluar dari tenggorokan yakni huruf 6 tadi milik dari idzhar.

Jadi ketika nun mati bertemu Kho', nun mati bartemu ha', nun mati bertemu ha, nun mati bertemu 'ain, nun mati bertemu ghain, nun mati bertemu hamzah atau ketika tanwin bertemu dengan Kho', tanwin bertemu dengan ha', tanwin bertemu dengan ha, tanwin bertemu 'ain, tanwin bertemu dengan ghain, tanwin bertemu dengan hamzah maka hukumnya dibaca idzhar.  

Secara istilah dari pada hukum nun tanwin, idzhar adalah setiap ada nun sukun atau nun mati dan tanwin bertemu dengan huruf selanjutnya yakni Alif, Ha’, Ha, Kho, A’in, Ghain maka harus dibaca pendek dan jelas karena jauhnya makhrojnya dengan nun.

Mengenai tentang cara baca yang baik dan menjaga hukum bacaan idzhar ini, didalam buku fathul mannan diterangkan terdapat tiga perkara yang baiknya diperhatikan secara seksama, agar idzharnya huruf pas dan enak antara lain :

  1. Tidak boleh terlalu mengidzharkan bacaan sampai menimbulkan huruf 2 atau harakat 2, maksutnya yakni membaca double namun secara tidak terketahui.
  2. Tidak boleh berhenti – henti atau putus -putus terlalu lama, sehingga menimbulkan bacaan seperti saktah.
  3. Tidak boleh membaca idzhar dengan delay yang lama, atau dengan speed bacaan yang lambat sehingga menimbulkan indikasi bacaan ghunnah, karen pada dasaranya ghunnah dan idzhar jelas  berbeda.

Dari ketiga perkara diatas tidak boleh ada salah satu yang dibenarkan dalam membaca idzhar karena bilaman terjadi kejadian dalam membaca termasuk salah satu kategori ketiga itu maka itu termasuk sebuah kesalahan atau lahn. Oleh karena itu baiknya dalam mebaca sebaiknya memenuhi hak – haknya setiap huruf.

Contoh – Contoh Idzhar dan Sebab atau Alasanya

Sebab atau Alasan

Huruf Halaq

Contoh

Bertemunya kasroh tanwin dengan alif

اَ

بِعَذَابٍ اَلِيْمٍۙ

Bertemunya fathah tanwin dengan Ghain

غَ

مَوْطِئًا غِيْظُ

Bertemunya dhummah tanwin dengan A’in

ع

عَهْدٌ عِنْدَ اللّٰهِ 

Bertemunya nun sukun atau nun sakinah dengan Ha

ه

وَالْاَرْضَ مِنْهَآ

Bertemunya dhummah tanwin dengan Ha’

حُ

عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ

Bertemunya nun sukun atau nun sakinah dengan Kho

خَ

وَاِنْ خِفْتُمْ

 

Ada 6 contoh yang di kutip dan diambil dari potongan ayat didalam al-qur’an, dengan ditandainya warna merah pada setiap huruf yang mengandung bacaan atau hukum idzhar, selain contoh diatas, tentunya masih banyak sekali contoh – contoh idzhar lainya, jadi ketika membaca Al-qur’an baiknya untuk menelaah dan memahami setiap ayat baik arti dan hukum bacaannya, maka dari contoh – contoh diatas bisa dijadikan tanda bahwa bacaan idzhar itu yang demikian.

Latihan Soal Bab Idzhar

Apa itu idzhar secara bahasa dan istilah ?

Apa yang dimaksud dengan huruf halaq ?

Hukum dari bacaan idzhar itu dibaca panjang atau pendek ?

Sebutkan contoh idzhar sebanyak – banyaknya !

Sebutkan tiga perkara yang tidak boleh dalam membaca idzhar ?

Soal – soal diatas tidaklah terlalu susah dan rumit kalo setiap pembaca memahami dan meniliti bacaan yang telah ditulis diatas, yang kesemuanya itu telah dijelaskan dengan gamblang dan runtut. Untuk mengenai contoh - contoh idzhar silahkan berikut ini contoh - contoh idzhar yang ingin menelaah Contoh - Contoh Idzhar.

Semoga dengan ditulisnya artikel mengenai PengertianIdzhar dan Contohnya Beserta Latihan Soal GW bermanfaat untuk penulis dan pembaca, salam dari kami griyawaras.com. see u next time .

Saran Video Trending Fokus Artis

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Pengertian Idzhar dan Contohnya Beserta Latihan Soal GW"