Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Maksudnya "Mad" Fawatihus Suwar Contoh GW

GW - Apa itu mad fawatihus suwar ? maksudnya yaitu Bacaan – bacaan panjang yang terdapat pada huruf – huruf yang menjadi permulaan surat dalam al- Qur’an.

Huruf – huruf Fawatihus Suwar yang menjadi awal permulaan surat ini bacaanya terbagi menjadi 2 (dua) : yaitu mad thobi’I dan mad lazim harfi, selain huruf alif. Kalau alif tidak dibaca panjang karena tidak terdapat huruf mad di dalamnya. Adanya lam dibaca kasroh lalu fa’ sukun.seperti lafadz (لإيلاف قريش).

Mengenai fawatihus suwar itu sendiri adalah pembuka – pembuka atau awal dari surat dalam Al-Qur’an, yang mana pada tiap pembuka surat berbeda lafadznya dan berbeda pula nanti ketentuan mengenai hukum tajwidnya. Oleh karena itulah pada babnya fawatihus suwar itu di terangkan ada 10 macam bentuk fawaihus suwar. Silahkan buka pada babnya tersebut.

Kembali tentang madnya fawatihus suwar pada tiap surat, ada 2 kemungkinan yang di hukumi yakni mad aslinya dan mad cabangnya. Berikut uraianya

-* Huruf – huruf fawatihus suwar yang dibaca mad thobi’I, panjang kadar satu alif, ialah yang terhimpun didalam perkataan atau lafadz {حيّ طاهر} (selain alif). Contohnya Ha’ seperti (حمٓ) , Ya’ seperti (يسٓ), To’ dan Ha’  seperti (طه) dan Ro’ seperti (الٓر) ko tidak di baca “to” “ha”, “ha” “mim”, ? karena huruf – huruf tersebut dibaca dengan Asma’ul huruf (Namanya huruf), yakni yang menjadi bagian dari jurusan nama cara baca huruf arab tersebut (huruf hija’iyah).

-* Selain huruf – hurufnya { حيّ طاهر} tadi semua wajib dibaca mad lazim harfi panjang kadar 3 alif menurut ittifaqnya Ulama’. Hurufnya terhimpun dalam sebuah kalimat {نقص عسلكم}.

Mengapa ko dinamakan harfi ? hal itu dikarenakan tempatnya pada beberapa huruf (tidak dalam satu kalimat). Adanya wajib dibaca mad lazim, karena ketentuannya kalau hij’nya huruf – huruf ini memiliki tiga (3) huruf dan yang tengah berupa huruf mad kemudian bertemu dengan skun asli (huruf nomor 3), oleh karenanya ini dinamakan mad lazim harfi. Baik mukhoffaf ataupun musaqqol. Seperti lafadz

Mukhoffaf

نٓ والقلم , قٓ واؐلقرءان , حمٓ , الرٓ

Mutsaqol         

طسٓمٓ , الٓمٓ

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Maksudnya "Mad" Fawatihus Suwar Contoh GW"