Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sifat Jahr dan Hurufnya Lengkap Penjelasanya

GW - Jahr (الجهر) secara bahasa terang atau jelas. Jahr (الجهر) secara istilah adalah suaranya huruf terang dan nafasnya tertahan tidak keluar atau tidak mendesis. Sebab huruf jahr itu sebaliknna huruf sifat hams, kuat olehnya memusat (bertahan) pada makhrojnya.

Huruf – Huruf Jahr

Huruf jahr atau huruf kuat itu ada 18 yang terkumpul kedalam lafadz

(عظم وزن قارىءذى غضٍ جدّطلب)

“Adzuma waznu qariin dzi ghodzdhin jadda tholaba” atau lebih mudahnya huruf jahr itu selain dari huruf hams, selain huruf hams adalah hurufnya sifat jahr yaitu ‘Ain (ع), Dzo (ظ), Mim (م), Wawu (و), Za’ (ز), Nun (ن), Qaf (ق), Ro’ (ر), Hamzah (ء), Alif (ا), Dza (ذ), Ya’ (ي), Ghain (غ), Dzho (ض), Jim (ج), Dal (د), Tho’ (ط), Lam (ل), Ba’ (ب).

Jadi ketika nanti ada pertanyaan sifat yang mempunyai huruf 19 itu sifat apa ? jawabanya adalah sifat jahr, huruf 19 tadi termasuk hamzah dan alif, kalo dibuat sama alif dan hamzah maka 18. Selain pertanyaan tersebut mungkin nanti ada pertanyaan huruf yang suaranya tidak bersama ngin berdesis keluar atau tidak disertai desisan itu sifat apa ? jawabanya sifat jahr.

seperti yang kalian ketahui bahwa sifaul huruf itu banyak sekali macamnya, pada artikel babnya sif-sifat huruf diuraikan bahwa sifatul huruf ada 19, ini saja baru yang sifat lazimah, belum lagi nanti sifat aridhoh.

Tadi sifat Hamsnya huruf Ta’ dan Kaf tidak sama (beda sedikit) dengan huruf jawa, begitu pada sifat jahr ini huruf Ba’, Jim dan Dal juga sebaliknya huruf jawa. Anda akan bisa membuktikan dengan cara meletakkan jari – jari didepan mulut, lalu anda bersuara “DADI BOJO”.

Kemudian bagaimana Dal, Ba’ dan Jim menurut  lidah jawa kan keluar nafasnya (mendesis), tidak begitu huruf Al-Qur’an yang fasih. Bahkan ditahan nafasnya, sehingga tidak keluar desisan angin. Begitu juga huruf ghoin yang betul tidak boleh keluar nafasnya atau anginya yang kasar karena ghoin bersifat jahr.

Sebaliknya huruf kho’ memang harus keluar nafas atau desisan yang kasar karena Kho’ bersifat Hams. Adapun ucapan Dalnya orang Jakarta atau yang menyamai itu makhrojnya yang tidak sama, maka wajib usaha merubah sampai bisa tepat dengan lidah arab. Mengajilah dengan guru yang bisa merubah bacaan yang baik, benar, tepat dan bagus sesuai dengan tajwid dan tentunya pas dengan ajaran Rosul dan Allah azza wajalla.

Yang dikehendaki tidak keluar nafasnya tapi ko lalu sama sekali tidak keluar semua ini ya tidak, bahkan masih ada sedikit. Karena ingat, bahwa kejadiannya suara itu dari nafas. Seperti mengucapkan huruf Dzo’ ini kalau tidak sedikit  kecampuran nafas, mudah sekali untuk menjadi salah atau keliru dengan huruf lain, mudah pindah makhrojnya.

Sebab dzo’ ini makhrojnya pada bagian depan yakni berada pada ujung lidah. Dan begitulah huruf – huruf lain yang mudah gaduh, hendaknya difahami dan dipelajari dengan teliti secara terus menerus.

Itulah artikel mengenai Pengertian Sifat Jahr dan Hurufnya Lengkap Penjelasanya, jadi secara spesisifknya huruf jahr ada 18 (ع, ظ, م, و, ز, ن, ق, ر, ء, ذ, ي, غ, ض, ج, د, ط, ل, ب ) yang mana huruf 18 ini dalam menyuarakanya tidak bersama angin yang berdesin keluar oleh karenanya disifati dengan sifat jahr atau sifat yang jelas dan kuat. Salam dari kami griya waras, semoga bermanfaat see u next time !.

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Pengertian Sifat Jahr dan Hurufnya Lengkap Penjelasanya"