Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kegiatan Masjid At-Taqwa Yang Patut Dicontoh GW

GW - Fastabiqul khoiroot, berlomba – lomba lah dalam hal kebaikan, tidak di ragukan bahwa masyarakat atau warga galar begitu sangat menerapkan mengenai ayat tersebut. Yah, Al – Baqarah ayat 148, merupakan pedoman bagi warga masyarakat galar untuk menjadi insan yang cinta akan agamanya, cinta akan kerukunan,cinta antar sesama walaupun sebenarnya masalah itu ada di antara masyarakat, entah berbeda pendapat, berbeda mengenai visi misi, namun ketika sudah dalam konteks agama, untuk memajukan masjid, masyarakat galar begitu sangat harmonis dan sangat antusias sekali.

Mengenal masjid at - taqwa galar raya

Masjid merupakan tempat ibadah ummat muslim, yang sangat di jaga kesucianya dari segala najis yang bermaksud untuk menjaga keabsahan sholat atau menjadi salah satu syarat rukun syahnya sholat atau  ibadah.

Nah, begitupun masjid at - taqwa galar raya yang berada di Jl. Galar Raya, Tlogosari kulon, kecamatan  pedurungan, Kota Semarang, Jawa tengah 50196, tempatnya begitu nyaman dan bersih, setiap hari di bersihkan dan di jaga kesucianya, terkadang 2 kali dalam sehari di pell, dan terkadang pula 1 kali dalam sehari di pell, sudah lebih dari cukup untuk menjaga kebersihan suatu masjid.

Tidak jarang pula setiap satu bulan sekali warga sekitar yakni warga galar bergotong royong untuk membersihkan masjid, supaya masjid selalu menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah.

Lebih dari kata nyaman menurut penulis, sebab selain nyaman, masjid galar raya begitu indah dengan desain arsitektur yang menyerupai masjid nabawi menjadikan icon cantik sebagai spot foto untuk para kaum hawa, dari pintunya, chat pada temboknya, ukiran yang ada pada dinding – dindingnya, sangat megah dan indah sekali.

Dengan arsitektur yang demikian bagus dan megah, tentu tidak sedikit biaya yang di kucurkan untuk membangun masjid at-taqwa galar, pembangunan yang di mulai dari tahun 2016 hingga 2021 kurang lebih sudah menghabiskan dana 3 M dengan pembangunan yang masih berlangsung yakni pada tahap pembangunan kamar mandi, yang akan di lanjutkan ke pembangunan menara, pagar, dan halaman.

Tahap demi tahap untuk mencapai kesempurnaan, sabar adalah kunci kesuksesan, seperti halnya warga galar yang menurut penulis begitu sukses untuk menjaga keharmonisan antar warga demi membangun, memakmurkan masjid, karena dalam hal ini yakni pembangunan masjid, warga galar sangat berperan penting sekali, bagaimana tidak ? dana yang sekian banyaknya itu, di peroleh dari iuran warga galar sendiri tanpa adanya dana dari luar dalam artian disini yakni pemerintah.

Patut dan harus berbangga sekali menjadi bagian dari warga galar, antusianya dalam memakmurkan agama, masjid patut di acungi seribu jempol, mari bersama do’akan semoga pembangunan masjid at – taqwa galar raya berjalan lancar sampai finish dan bisa menjadi iconya tlogosari semarang.

5 Kegiatan Masjid At-Taqwa Yang Patut Dicontoh

Masjid tanpa adanya kegiatan santapan rohani memang sangat sunyi, bayangkan masjid hanya di jadikan tempat ibadah sholat saja, tidak di imbangi dengan adanya kegiatan belajar mengajar, entah itu baik tpq, kajian – kajian bahkan tidak adanya maulid diba’. Cukup bersyukur sekali menjadi bagian dari warga galar, kegiatan masjid begitu banyak dan warga juga sangat antusias sekali, berikut ini adalah 5 Kegiatan Masjid At-Taqwa Yang Patut Dicontoh GW :

  1. Adanya ngaji Al-Qur'an bersama yang di bimbing langsung oleh ketua takmir yakni Drs KH. Wahyudi, kegiatan ini rutin di laksanakan pada hari jum’at malam atau malam sabtu, kegiatan ini di ikuti oleh para bapak – bapak yang notabenya belum bisa ngaji, walaupum sudah bisa pun masih perlu adanya bimbingan khusus, untuk mengingatkan kalo ada bacaan yang tidak sesuai atau salah dan dibarengi belajar ilmu tajwid.
Baca Juga : Hukum Nun Sukun
  1. Adanya kajian subuh yang di laksanakan pada hari ahad subuh, dengan langsung di isi oleh penasehat masjid langsung yakni KH. Mahrus  Aly, beliau merupakan salah satu dosen di IAIN walisaongo, kegiatan kajian subuh ini begitu ramai sekali, yang di ikuti oleh para jamaah masjid at – taqwa, tidak hanya kajian saja atau mendengarkan namun juga adanya makanan ringan sebagai teman ngaji untuk menjadikan kedekatan di antara tiap jamaah.
  2. Adanya maulid diba’ atau  di sebut dengan berjanjen, pembacaan sejarah nabi Muhammad Saw dengan nada – nada khas zaman dulu atau kuno begitu menenangkan, menentramkan hati dan jiwa. Yang di akhiri dengan berdoa bersama untuk para leluhur dan auliya’. Setelah maulid diba’ makan bersama dengan menu yang tiap minggunya berbeda, menarik sekali untuk di ikuti.
  3. Adanya kegiatan dzikir dan tahlil yang di lakukan setiap sebulan 2 kali atau terkadang satu bulan sekali yakni malam kamis kliwon, kegiatan ini selalu rutin dan warga, jamaah masjid begitu sangat senang, selalu ingat akan jadwal yang sudah ada, bahkan ketika di liburkan warga sering bertanya kenapa dan mengapa, yang mana ini adalah tanda bahwa kegiatan tersebut begitu di nanti - nanti.
  4. Adanya kegiatan yakni kajian tiap selepas maghrib pada hari ahad malam, pas dengan harinya yakni pagi kajian ilmu hadits selepas subuh, di lanjutkan malamnya kajian ilmu fiqih seperti layaknya di pondok saja ya, kegiatan terus bergulir, mengisi ruang kosong dengan kemanfaatan sebagai bekal kelak di akhirat nanti, kegiatan ini diisi oleh seorang dosen dari UIN walisongo Bp. Nasrudin dan Bp. Musthofa.

Jadi meramaikan masjid adalah sebuah keharusan, tentunya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan berfaedah, tidak hanya ke masjid Cuma numpang berak dan kencing saja, karena masjid bukan tempat pembuangan kotoran, masjid adalah rumah allah yang suci, tempat dimana kaum mukminin melaksanakan ibadah, tempat yang seharusnya dijaga kebersihanya dan kesucianya, oleh karenanya, jika memang toh tidak bisa meramaikan kegiatan masjid, setidaknya jagalah rumah Allah tersebut, bukan sekedar untuk mampir membuang kotoran.

Salam dari kami griyawaras see u next time ! semoga bermanfaat.

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "5 Kegiatan Masjid At-Taqwa Yang Patut Dicontoh GW"