Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Baca Huruf Hija'iyah Ke Bentuk Huruf Latin GW

GW - Melihat situasi dan kondisi pertumbuhan anak sekarang ini semakin jauh dengan trend mengaji, yang akhirnya anak - anak tumbuh dengan ketidak tahuan dan minim akan pemahaman mengenai huruf hijaiyah, bahkan alif saja tidak tahu bentuk nya seperti apa, sungguh ini adalah keadaan yang sangat miris.


Bagaimana mereka tahu mebaca al - quran yang benar kalo huruf alif saja tidak tahu, bahkan harakat saja sama sekali tidak mengenal, sungguh kondisi ini tidak lah kondisi yang baik - baik saja, tidak bisa di biarkan saja, harus bergerak dan bergegas untuk mengkondisikan, bagaimana nantinya misalkan al -quran tenggelam karena tidak ada yang mau mempelajarinya, tidak ada yang mau untuk membacanya. 

Sungguh amat di sayangkan sekali, bahkan sekarang ini anak - anak lebih menyukai dan mengidolakan film di TV tidak dengan kisah nabi - nabi, padahal nabi merupakan makhluk pilihan tuhan (Allah). oleh karena nya mari bersama mempelajari dan mengenal huruf hijaiyah, mengajarkan anak - anak sejak dini, agar pandai dan gemar membaca al-quran dengan fasih, syukur - syukur mempelajari hadits - hadits nabi dan mengamalkan. Berikut ini pengenalan huruf hijaiyah di lengkapi dengan pelambangan dan Cara Baca Huruf Hija'iyah Ke Bentuk Huruf Latin sesuai dengan keputusan menteri agama dan menteri p dan k nomor 158 tahun 1987 - nomor 0543b/u/1987 :

29 HURUF HIJA'IYAH 

1. ا  dilambangkan dengan huruf latin a atau alif, 

Menurut Kh. Maftuh Bastul Birri huruf ا  (alif) ini tidak di lambangkan dengan a atau yang lainya, yaknin cukup dengan pengenalan garis lurus tegak itu sendiri dengan cara baca ketika harakat fathah yakni di baca A sedangkan I ketika berharakat kasroh dan di baca U ketika berharakat dhomah, itulah alasan mengapa  ا itu sendiri tidak dapat di lambangkan.

2.
ب di lambangkan dengan huruf latin B

3. ت di lambangkan dengan huruf latin T

4.
ث di lambangkan dengan huruf latin S titik atas

5.
ج di lambangkan dengan huruf latin J

6.
ح di lambangkan dengan huruf latin H titik bawah

7.
خ di lambangkan dengan huruf latin KH

8.
د di lambangkan dengan huruf latin D

9.
ذ di lambangkan dengan huruf latin Z titik atas

10.
ر di lambangkan dengan huruf latin R

11.
ز di lambangkan dengan huruf latin Z

12.
س di lambangkan dengan huruf latin S

13.
ش di lambangkan dengan huruf latin SY

14.
ص di lambangkan dengan huruf latin S titik bawah

15.
ض di lambangkan dengan huruf latin D titik bawah

16.
ط di lambangkan dengan huruf latin T titik bawah

17.
ظ di lambangkan dengan huruf latin Z titik bawah

18.
ع di lambangkan dengan huruf latin ' (Koma di atas)

19.
غ di lambangkan dengan huruf latin GH

20.
ف di lambangkan dengan huruf latin F

21.
ق di lambangkan dengan huruf latin Q

22.
ك di lambangkan dengan huruf latin K

23.
ل di lambangkan dengan huruf latin L

24.
م di lambangkan dengan huruf latin M

25.
ن di lambangkan dengan huruf latin N

26.
هـ di lambangkan dengan huruf latin H

27.
و di lambangkan dengan huruf latin W

28.
ي di lambangkan dengan huruf latin Y

29.
ء (hamzah) di lambangkan dengan huruf latin (Koma di atas)

Penjelasan mengenai pelambangan di atas, di mulai dengan di tandainya titik bwah menunjukan huruf tersebut di baca tebal dengan permisalan huruf ط dalam ilmu tajwid huruf ini termasuk ke dalam huruf qalqalah kubro yang cara bacanya tebal sekali mantul. 

Sedangkan dengan keadaan di mana adanya titik atas di artikan dengan sebaliknya yakni di baca tipis atau samar atau dalam bahasa tajwid yakni di baca Hams, perlu di ketahui huruf hams itu apa saja agar dapat membaca dengan baik dan benar berikut ini 10 huruf hijaiyah yang tergolong ke dalam huruf hams.

Itulah artikel mengenai Cara Baca Huruf Hija'iyah Ke Bentuk Huruf Latin dengan di sertai penjelasan sedikit, untuk mengenali bagaimana cara membacanya huruf hija'iyah kedalam huruf latin tersebut, Semoga bermanfaat See u next time Wassalamualaikum. Wr. Wb. Salam kami Griyawaras.com. 

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Cara Baca Huruf Hija'iyah Ke Bentuk Huruf Latin GW"