Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membaca Lafadz بٱل٘غَدَوٰةِ Tajwid GW

GWMembaca Al-Qur’an itu mudah tapi jangan dipermudah (menyepelekan), artinya membaca dengan seenaknya sendiri dan semaunya sendiri tanpa adanya aturan dan mengenyampingkan tanda baca, hukum bacaan, harakat, dan hak-haknya huruf.

Padahal Al-Qur’an merupakan kitab suci yang harusnya dijaga keaslinya dan kemurnianya, baik meliputi cara baca, dan tulisanya. Jangan sampai ada oknum-oknum yang masuk dan merusak demi kepentingan memperkaya diri. Dengan cara membuat Al-Qur’an yang tidak sesuai standarnya, tidak mengikuti aturan, ilmu dan ketentuan dari guru2 yang ahli. Belum juga ahli dalam bidangnya namun berani membuat standarnya sendiri.

Mengenai بٱل٘غَدَوٰةِ bagaimana cara membacanya ? apakah wawu itu fathah satu alif atau dalnya fathah satu alif ? atau mungkin wawunya tidak terbaca ? atau barangkali dalnya terbaca pendek kemudian wawu terbaca panjang satu alif ?

Penjelasan dalam buku fathul mannan karangan KH. Maftuh Bastul Birri gamblang sekali diterangkan yang diibaratkan seperti halnya dalam penulisan lafadz  الدّين يوم مَلِكِ surat al-fatihah ayat 4. Kalo pada RU atau rosm ustmany مَـٰلِكِیَوۡمِ ٱلدِّینِ Ada alif  kecil atau fathah panjang kecil diantara mim dan lam.

Ada berbagai macam versi penulisan mengeai مَـٰلِكِ akan tetapi ada penulisan yang hanya memenuhi haknya terbaca panjang dan tidak tahu aka nasal usulnya, ada juga yang menuliskan pendek sesuai dengan imamnya, yang mana tidak lagi menjadi isim fa’il dan ma’nanya pun berbeda.

Bentuk versi penulisan مَـٰلِكِ yang beredar

  • Versi terbaca panjang namun tidak tahu asal usulnya (bentuk lafadz dan ma’nanya) مٰلِكِ
  • Versi terbaca panjang namun menyalahi tidak bisa terbaca pendek مَالِكِ
  • Versi pendek yang tidak memenuhi haknya dibaca panjang مَلِكِ

Aturan jarak longgarnya penulisan perhurufnya, tidak tertulis tumpuk dan lain sebagainya banyak berbeda dengan aturan Mushaf lain. Ini semua perlu diperhatikan demi kesempurnaan penulisan yang mengandung rahasia ilmiyah untuk dibaca dengan tartil sesuai tajwid dan lain sebagainya.

Penjelasan lain dalam perumpamaanya lafadz قُرْءَانًا Dalam surat yusuf ayat 2 dan surat Az-Zukhruf ayat 3. Kalau di tulis قُرْٓنْ atau قُرْٰنْ tidak bisa dibaca, yang mana akhirnya ditambahi alif pada Mushaf Rosm Ustmany, menyalahi Rosm Ustmany. Kalau ditulis dengan hamzah fathah lalu alif kecil قُرْءَٰنًا, disamping enak dibaca, maka juga akan tahu jika memang dari ketetapan Nabi Saw itu tidak ada alifnya.

Kalau ditandai dengan fathah saja, akhirnya nanti akan menambah alif banyak sekali seperti pada mushaf RU. Dengan alasan ada ‘Ulama yang memperbolehkan merubah RU, jadi huruf kecil dipasangi itu untuk menunjukkan bacaanya atau menunjukkan huruf yang tidak tertulis tapi terbaca.

Kemudian bagaimana dengan kasroh berdiri ? dhommah terbalik ? kalo dengan tanda seperti itu dalam bukunya fathul mannan dikatakan bahwa tanda seperti itu tidak ilmiah dan masih buta akan ilmu di karenakan hanya terpenuhi terbaca panjangnya saja, namun haknya terbaca pendek tidak terpenuhi.

Jadi dalam membaca lafadz بٱل٘غَدَوٰةِ wawunya tidak terbaca alias kosong tidak berharakat, pada kejadian ini maka akan tercipta hukumnya mad lin karena adanya fathah yang dibarengi dengan wawu mati, dengan alasan itulah maka tertandainya alif kecil supaya tidak dibaca wawu atau ya’ lin. Yakni agar di baca بِالْغَدَاةِ Yang dari penulisannya awal بٱل٘غَدَوٰةِ Bisa terpenuhi haknya untuk dibaca panjang dan juga pendek.

Tidak ada alasan lain mengapa ko tidak ditulis alif saja, ko ribet sekali ditulis dengan alif kecil, sudah dikatakan dengan jelas diatas mengenai alasannya, supaya tahu akan asal-usul dari sebuah lafadz yang ada. Salam sehat selalu dari griyawaras.com see u next time !

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Cara Membaca Lafadz بٱل٘غَدَوٰةِ Tajwid GW"