Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Huruf Far’I dan Macam – Macam Huruf Far’I

GW - Sudahkah kalian ketahui bahwa huruf – huruf arab itu 2 macam yaitu huruf asli itu sendiri dan huruf far’I (cabangan), kalian semua pasti sudah tahu bukan ? huruf – huruf asli itu apa saja ? yups bener, yakni huruf hija’iyah yang dimulai dari hamzah (همزة) – ya’ (ياء) jumlahnya 29 tersebut.

Kemudian mengenai huruf far’I, apa itu huruf far’I ? huruf – huruf far’I itu apa saja ?. Al – Faqir didalam bukunya tajwid jazariah diterangkan bahwa huruf far’I secara bahasa far’I artinya cabangan, sedangkan secara istilah huruf far’I adalah huruf – huruf yang keluar dari dua (2) mahkroj dan bunyinya kesana kemari antara dua makhroj itu, yakni dari bercampurnya dua makhroj yang murni dalam tempatnya.

Pada pengertian lain dijelaskan huruf cabangan atau far’I adalah huruf – huruf yang makhrojnya (tempat keluarnya) dari dari antara dua makhroj dari makhrojnya huruf yan asli. Pengertian lain Didalam kitab ar – Ri’ayah Lisy Syeikh Makkiy bin Abi Thalib huruf cabangan (far’I) ialah tengah – tengah antara makhroj duanya huruf dua yang bersekutu. Mengenai huruf nya apa saja ? apakah 29 seperti halnya huruf hija’iyah ?

Baca Juga : Cara Baca Huruf Hija'iyah

Al – Faqir didalam bukunya menyebutkan bahwa huruf cabangan semuanya didalam Al – Qur’an ada 7 macam huruf antara lain sebagai berikut :

-* Hamzah (همزة) Tashil yaitu bacaan antara hamzah dua dan huruf yang menjenisi harakatnya, maka kalau harakatnya fathah bacaanya antara hamzah dan alif, kalau harakatnya kasrah maka bacaannya antara hamzah dan waw.

Jadi tashil yang fathah seperti lafadz (ءَاْع٘جَمِىٌّ) itu keluar dari antara hamzah murni dan alif, kalau kasrah dari hamzah murni dan ya’, kalau dhommah dari hamzah murni dan waw. Hamzah yang dibaca tashil itu semuanya cabangan dari hamzah yang tahqiq (jelas).

-* Sod (ص) yang dibaca Isymam berbau Zay (ز) : menurut bacaan imam Hamzah dan lainnya, yaitu bacaan bersuara Shod campur Zay (agak banyak mirip Shodnya) seperti lafadz (أَصْدَقُ), (اه٘دِناالصِّرَطَ)

-* Ya’ (ي) yang dibaca Isymam berbau Waw (و) menurut bacaan imam ‘Ali al-Kisa’iy dan lainnya, seperti bacaan (غِيضَ), (قِي٘لَ) yang di isymamkan : yaitu mencampur harakat dhommah dan kasrah, lebih dulu membaca dhommahnya (dibaca quila, ghuido)

-* Alif (ا) yang dibaca Imalah baik imalah sughro maupun imalah kubro. Yaitu bacaan alif antara alif dan ya’, bukan alif persis dan bukan ya’ persis, tapi bacaan alif yang dekat dengan ya’, adalah keluar dari alif yang murni dan ya’ yang murni.

Alif imalah kubro adalah bacaan alif yang dekat ya’, sedangkan alif imalah sughro (yang diisitlahkan bacaan taqlil) adalah bacaan alif yang dekat dengan alif yang asli. Masing – masing alif imalah itu adalah cabangan dari alif yang asli, yang tidak imalah. Menurut bacaan Imam Hafs hanya satu yang dibaca imalah kubro yaitu  pada lafadz (مَجريها) didalam qouluhu Ta’ala (بِس٘مِ اللهِ مَجرها ومُرسَها)

-* Alif (ا) Tafkhim yang ikut huruf Tafkhim sebelumnya yaitu alif (ا) setelah lam (ل) yang tafkhim didalam lafadz jalalah dan alfi – alif yang huru sebelumnya dibaca ya’ tafkhim oleh imam warsy, seperti (بِظَلاَّمٍ), (الصَّلَوةَ), ini adalah bacaan antara waw dan alif yang asli, adalah cabangan dari alif asli.

-* Lam (ل) Tafkhim didalam lafadz Jalalah Allah (الله) yang setelah harakat fathah atau dhommah, dan lam – lam yang menurut imam warsy dibaca tafkhim seperti (ظَلَمَ), (مَط٘لَعِ), (يَص٘لَو٘نَهَا), Lam tafkhim ini adalah cabangan dari lam tarqiq (huruf lam aslinya tarqiq karena termasuk huruf istifal) apa itu huruf istifal ? silahkan buka pada babnya Sifat - Sifat Huruf.

-* Nun mati (نْ) dan tanwin (ًٌٍ) ketika dibaca ikhfa’ atau idgham bighunnah. Masing – masing bacaan ikhf’ dan idgham itu adalah cabangan dari bacaan idzhar. Wallahu’alam.

Itulaha artikel mengenai pengertian huruf far’I dan macam – macam huruf far’I semoga bermanfaat salam dari kami griya waras, see u next time every body wassalamu’alaikum.

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

1 komentar untuk "Pengertian Huruf Far’I dan Macam – Macam Huruf Far’I"