Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Iqlab Beserta Contoh dan Latihan Soal GW

GW – Iqlab merupakan bagian dari pembagianya hukum bacaan nun sukun dan tanwin, yang mana hal tersebut telah terbagi menjadi 5 bagian, salah satunya yakni iqlab tersebut, dalam bahasan artikel ini akan diterangkan mengenai apa itu iqlab ? hukumnya iqlab itu dibaca panjang atau pendek ? contoh – contoh iqlab beserta sebabnya dan soal - soal mengenai bab iqlab.

Sudahkah diantara kalian yang mengetahui mengenai bacaan iqlab ini ? mungkin diantara kalian yang sudah pernah mengaji tajwid, hukum bacaan iqlab ini sudah tidak asing lagi bahkan mungkin sudah paham sampe lancar tentang kaidah hukum iqlab ini, yang seharusnya dibaca bagaimana dan ketentuanya bagaimana.

Akan tetapi bagaimana dengan teman - teman yang bahkan sedari kecil tidak pernah mempelajari tajwid, yang jenisnya banyak sekali ini, bagaimana caranya untuk mempelajarinya ? tentu salah satu langkahnya yakni dengan kiat semangat belajar tajwid disertai niat yang kuat, kemudian mempelajari pelan – pelan, satu persatu, seperti pertama memahami hukum bacaan iqlab ini.


Iqlab

Pengertian iqlab secara bahasa atau lughowi adalah mengubah, apa yang diubah si ? yakni diubahnya nun Sakinah atau nun sukun atau nun mati dan tanwinya huruf kedalam bentuk bunyi mim mati.

Kemudian secara istilah iqlab adalah dibaliknya bunyi dari nun mati dan tanwin menjadi suaranya mim dengan berdengung kalau bertemu dengan huruf ba’ bersumber dari ittifaqnya para qurro’ atau ahli baca.

Dalam pengertian lain iqlab yakni pada babnya nun sukun dan tanwin adalah setiap ada nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan huruf satu yakni bab dengan ketentuan dibaca panjang dengan cata mengubahnya kedalam bentuk bunyi mim pada bagian nun sakinahnya dan tanwinya.

Mengenai hukumnya iqlab itu dibaca panjang panjang atau pendek ? jelas sekali dibaca panjang dengan ketentuan panjangnya satu alif atau dua harakat, hal ini dilandaskan karena sulitnya atau sukarnya membaca ghunnahnya nun mati dan tanwin yang kemudian terus menutup bibir untuk membaca ba’ dan tidak bisa diidghamkan sebab berbeda makhrojnya.

Digantinya nun sukun dan tanwin kedalam bunyi mi mini bukan karena tanpa alasan, alasanya digantinya yakni karena untuk meringankan bacaan atau lit takhfif.


Contoh – Contoh Iqlab Beserta Sebab

Contoh

Alasan atau Sebab

جَزَاۤءًۢ بِمَا كَسَبَا

Bertemunya fathah tanwin dan ba’ dalam satu kalimat

مِنْۢ بَشِيْرٍ وَّلَا نَذِيْرٍۗ

Bertemunya nun sukun dengan ba’ dalam satu kalimat

اَنْۢبِيَاۤءَ وَجَعَلَكُمْ مُّلُوْكًاۙ

Bertemunya huruf nun mati bertemu dengan ba’

نَفْسًاۢ بِغَيْرِ نَفْسٍ

Bertemunya fathah tanwin dan ba’ dalam satu kalimat

مِنْۢ بَعْدِ ظُلْمِهٖ وَاَصْلَحَ

Bertemunya nun Sakinah dengan ba’

Maksud dari bertemunya suatu huruf adalah beriringanya antara nun sukun dan tanwin yang selah itu terdapat hurufnya iqlab yakni ba’, kalo huruf selanjutnya tidak ba’ maka tidak boleh dihukumi dengan ba’, cara membacanya pada contoh diatas yakni dibaca panjang satu alif dua harakat dengan mengubahnya hurufnya nun menjadi mim agar enak dan pas dalam membaca makhrojnya ba’.


Latihan Soal Bab Iqlab

Apa yang dimaksud dengan iqlab secara lughowi dan istilah ?

Apa yang dimaksud dengan ahli qurro ?

Apa yang dimaksud dengan lil takhfif ?

Pada kalimat berikut وَلَهُمْ عَذَابٌ مُّقِيمٌ adakah indikasi dihukumi dengan hukum bacaan iqlab ? Misalkan ada coba jelaskan sebabnya !

Mengapa dalam membaca iqlab terdapat ketentuan mengubah bunyinya nun menjadi mim ? jelaskan !

Berapa panjang bacaan iqlab ?

Sebutkan contoh iqlab beserta dengan alasanya !

Untuk menjawab dari soal – soal latihan diatas, silahkan simak dengan teliti materi yang ada pada artikel ini, mulai dari pengertian sampai dengan contoh – contohnya, banyak sekali mengenai contoh iqlab yang ada pada Al-qur’an, jadi tidaklah susah untuk mencari contoh-contoh iqlab, tidak perlu mengarang namun memahami dan membaca al-qur’an saja.

Bahwa iqlab merupakan bagian dari hukumnya bacaan nun sukun dan tanwin yang mempunyai huruf hija’iyah hanya satu yakni ba’, ketentuan dalam membaca hukum iqlab yakni dengan membaca panjang satu alif atau dua harakat.

Itulah artikel mengenai Pengertian Iqlab BesertaContoh dan Latihan Soal GW, semoga bermanfaat see u next time salam dari kami griyawaras.com.

Saran Video Trending Fokus Artis

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Pengertian Iqlab Beserta Contoh dan Latihan Soal GW"