Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Idgham dan Pembagianya Beserta Contoh dan Soal GW

GW – Mengenali dan mengetahui tentang hukum bacaan Idgham yang terbagi menjadi 2 pada kaidah hukum bacaan nun sukun dan tanwin yakni Idgham Bighunnah dan Idgham Bilaghunnah, dibawah ini nanti GW akan dibahas mengenai apa itu idgham bighunna dan apa itu idgham bilaghunnah ? kemudian juga disertai dengan contoh – contohnya. Agar lebih paham dan mengerti mengenai idgham nanti dibawah ini juga dilengkapi dengan soal – soal tajwid bab idgham.

Idgham

Idgham secara bahasa mempunyai arti memasukkan, perkara ini dinukil dari bukunya karangan kyai bashori.

Sedangkan pengertian dari segi istilah yang diambil dari buku karangannya simbah KH.Maftuh Bastul Birri yang telah diteliti oleh K. Arwani amin kudus dan kyai lainya, disitu dikatakan bahwa Idgham adalah memasukkan huruf mati pada huruf hidup sekiranya menjadi satu dengan tasydid atau diberatkan, diangkat (dibaca) sekali angkatan.

Kemudian dalam karangan bukunya yang lain idgham adalah melihat sifat kuat dan lemahnya huruf. Dalam bukunya yang berjudul tajwid jazariah.

Kemudian pengertiannya pada Bab nun sukun dan tanwin adalah memasukkan huruf mati dan harakat yakni tanwin baik fathah tanwin, kasroh tanwin, dhommah tanwin kedalam huruf nya idgham yakni ya, nun, mim, wawu, lam, ro. Yang nanti ke enam huruf tersebut terbagi menjadi dua bagian.

Pembagian Idgham Pada Hukum Nun Sukun dan Pengertianya

Pembagian idgham itu sendiri terdiri dari beberapa bagian, yakni pada bahasan ini yakni tentang hukun nun sukun dan tanwin, kemudian ada pembagianya mengenai kaidah idgham shogir pada artikel selanjutnya nanti akan dibahas.

Pembagian idgham pada bab nun sukun dan tanwin terbagi menjadi 2 bagian, hal ini telah disepakati oleh para jumhur ulama, tidak ada kitab mana pun yang mengatakan pembagian pada hukum nun sukun atau tanwin ada 3 dan 4 dan 5 atau lebih. 2 itu antara lain adalah :

Idgham Bighunnah atau Idgham Ma’al ghunnah

Apa itu idgham bighunnah ?

Idgham bighunnah dari segi bahasa yakni memasukkan huruf dengan berdengung, apa yang menyebabkanya berdengung ? tidak berkumpulnya huruf dalam satu kalimat, alasan lain karena bertemunya dengan huruf 4 yang sifatnya lemah.

Secara istilah idgham bighunnah adalah Setiap ada huruf nun sukun atau nun Sakinah atau nun mati dan tanwin bertemu dengan huruf 4 yaitu ya, nun, mim, wawu yang mana hukumnya ini dibaca panjang satu alif, dengan syarat tidak berkumpul dalam satu kalimat.

Kemudian mengapa bentuk bacaan nun sukun dan tanwin ketika bertemu huruf 4 dalam satu kalimat tidak boleh dibaca panjang ? hal tersebut di karenakan akan menyamai kalimat lain (bina’ mudho’af) contoh فِى الدُّنْيَا .

Kemudian alasan mengenai mengapa setiap nun sukun atau tanwin ketika bertemu dengan huruf ya’, nun, wawu, mim itu dibaca panjang ? alasannya yakni untuk menunjukan huruf yang diidghamkan atau dimasukkan kedalam hurufnya nun, dengan ketentuan yang berlaku yakni huruf lemah dan kuat menjadi pembedanya.

Idgham Bilaghunnah

Apa itu idgham bilaghunnah ?

Pengertian dari idgham bilaghunnah secara bahasa adalah memasukkan huruf dengan tidak berdengung. Huruf nya apa saja ? yakni lam dan ro’.

Kemudian pengertian idgham bilaghunnah secara istilah adalah memasukkan huruf dua yang kondisinya hidup yakni lam dan ro’ kedalam hurufnya nun yang mati atau tanwinya pada huruf.

Dalam pengertian lain yang bersumber pada buku karanganya kyai Muhammad bashori idgham bilaghunnah pada babnya nun sukun dan tanwin adalah setiap ada huruf nun yang tersukun atau nun Sakinah, atau nun mati dan tanwin bertemu dengan huruf 2 yakni lam dan ro maka harus dibaca pendek.

Kaidah membaca idgham bilaghunnah yakni dengan membaca jelasnya huruf ro dan lam ketika masuk kedalam hurufnya nun Sakinah atau huruf yang bertanwin sebelumnya.

Contoh – Contoh Idgham Bighunnah dan Idgham Bilaghunnah

Idgham Bighunnah

Idgham Bilaghunnah

نُوحٍ وَّالْاَحْزَابُ

كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً

مِنْ مَّقْتِكُمْ اَنْفُسَكُمْ

مُتَكَبِّرٍ لَّا يُؤْمِنُ

اِلَّا مَنْ يُّنِيْبُ

مِنْ رَّبِّكُمْ

وَاِنْ يُّشْرَكْ بِهٖ

يُرِيْدُ ظُلْمًا لِّلْعِبَادِ

وَاِنْ يَّكُ صَادِقًا يُّصِبْكُمْ

 لَاٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَا

بَلْ لَّمْ نَكُنْ نَّدْعُوْا

مُخْلِصًا لَّهُ الدِّيْنَۗ

Diatas ini adalah contoh – contoh dari idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah, yag ditandai dengan merahnya huruf pada kutipan kalimat, ketentuanya adalah dibaca pendek dan jelas untuk idgham bilaghunnah dan dibaca panjang untuk hukum bacaan idgham bighunnah.

Kumpulan contoh idgham bighunnah

Kumpulan contoh idgham bilaghunnah

Latihan Soal Bab Idgham

Apa itu idgham secara bahasa dan istilah ?

Ada berapakah pembagian idgham dan jelaskan ?

Sebutkan contoh idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah 10 saja !

Jelaskan lafadz فِى الدُّنْيَا mengapa dibaca pendek atau kah panjang ? jelaskan alasanya !

Ada berapakah huruf idgham bighunnah ? Sebutkan !

Ada berapakah huruf idgham bilaghunnah ? Sebutkan !

Itulah artikel mengenai Pengertian Idgham dan Pembagianya Beserta Contoh dan Soal GW semoga bermanfaat salam dari kami griyawaras.com see u next time.

Saran Video Trending Fokus Artis

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Pengertian Idgham dan Pembagianya Beserta Contoh dan Soal GW"