Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Mad Lien dan Mad ‘Arid Beserta Contoh

GW - Mad far’I atau disebut juga mad cabang, merupakan mad yang apabila sesudahnya huruf mad berupa hamzah atau sukun asli atau ‘aridi, mukhoffaf (ringan tidak bertasydid) atau mutsaqol (bertasydid). Oleh karena hamzah dan sukun menjadi sebab tambahnya panjang dari mad asli, yang kemudian tercipta hukum mad – mad lain, seperti mad wajib, mad jaiz, mad lazim, mad ‘arid dan mad cabang lainya (disini). 

Perbedaan Mad Lien dan Mad ‘Arid

Mad lien adalah memanjangkan suaranya huruf mad jika ada huruf difathah bertemu wawu mati (وَْ) atau ya’ mati (يَْ) sesudah itu berakhir pula dengan huruf lainnya karena diwaqofkan (diberhentikan) bagaimana dengan kejadianya alif ? kenaa tidak ada ? hanya wawu dan ya ? karena alif menjadi sebab terjadinya bacaan mad thobi’I, kan sebelum huruf ya’ dan wawu adalah fathah, bisa jadi nanti dalam keadaanya tersebut menjadi bacaanya amd ‘iwad seperti :

لَيْلٌ Di baca لَيْلْ (Lailun cara bacanya laiil) boleh satu alif, 2 alif, atau 3 alif dan boleh juga pendek.

خَوفٌ Dibaca خَوْفْ (khoufun cara bacanya khouuf) boleh satu alif, 2 alif, atau 3 alif dan boleh juga pendek.

نَوْمٌ Dibaca نَوْمْ (naumun cara bacanya nauum) boleh satu alif, 2 alif, atau 3 alif dan boleh juga pendek.

بَيْتٌ Dibaca بَيْتْ (baytun cara bacanya bait) boleh satu alif, 2 alif, atau 3 alif dan boleh juga pendek.

Lebih banyak lagi contohnya pada surat Al-Qurasy yang berbunyi sebagai berikut :

لِإِیلَـٰفِ قُرَیۡشٍ (1) إِۦلَـٰفِهِمۡ رِحۡلَةَ ٱلشِّتَاۤءِ وَٱلصَّیۡفِ (2) فَلۡیَعۡبُدُوا۟ رَبَّ هَـٰذَا ٱلۡبَیۡتِ (3) ٱلَّذِیۤ أَطۡعَمَهُم مِّن جُوعࣲ وَءَامَنَهُم مِّنۡ خَوۡفِۭ (4)

Pada surat al-qurasy tersebut ditunjukkan dengan waqofnya pada akhir kalimat disetiap ayatnya. Mad lien dari segi membacanya lebih diutamakan terbaca qasr satu alif.

Mad ‘Arid adalah memanjangkan suaranya huruf mad yang bertemu atau jika bertemu sukun (ْ) karena berhenti (waqof). Karena kalo tidak dalam keadaan diwaqofkan yang terjadi adalah hukum bacaan lain yakni menjadi mad asli (Mad Thobi’i). seperti contoh :

يَعْلَمُونَ Dibaca يَعْلَمُونْ (ya’lamuuna cara bacanya ya’lamuun) boleh satu alif, 2 alif, atau 3 alif.

يَشْعُرُوْنَ Dibaca يَشْعُرُوْنْ (yasy’uruuna cara bacanya yasy’uruun) boleh satu alif, 2 alif, atau 3 alif.

حَكِيْمٌ Dibaca حَكِيْمْ (hakiimun cara bacanya hakiim) boleh satu alif, 2 alif, atau 3 alif.

جُوْعٍ Dibaca جُوْعْ (juu’in cara bacanya juu’) boleh satu alif, 2 alif, atau 3 alif.

Cara membacanya mad ‘arid lebih baik dibaca tul (panjang) 3 alif kemudian tawassut (tengah - tengah) 2 alif lalu qosr satu alif.

Sudahkah jelas perbedaan dari keduanya mad lien dan mad ‘arid ? lebih spesifiknya sebagai berikut : perbedaan mad ‘arid dan mad lin

-* Mad ‘arid di dahului dengan kejadian mad thobi’I sedangkan mad lin didahuli dengan fathah disertai ya’ dan wawu.

-* Mad ‘arid cara bacanya lebih diutamakan panjang 3 alif (tawassut) sedangkan mad lin lebih diutamakan dibaca qosr satu alif.

-* Ketika dalam keadaan washol, keadaan terjadinya mad arid bisa berubah menjadi mad asli (mad thobi’i) sedangkan keadaan terjadinya mad lin berubah menjadi idzhar terbaca jelas dan pendek dengan terbaca ya jelas sukun begitupun wawu yang sukun.

Persamaan atau keserupaan mad lin dan mad arid

-* Sama – sama boleh dibaca tiga wajah.

-* Sebab kejadianya sama - sama karena waqof.

-* Sama – sama berada pada akhir kalimat atau jua bisa berada pada tengah kalimat karena waqof.

- Sama – sama menjadi bagianya mad far’I atau mad cabang.

Jadi mad ‘arid dan mad lin tidak sepenuhnya berbeda, ada pula sedikit kesamaan dan hampir serupa, atau serupa tapi tidak sama, karena sebab kejadiaanya yang berbeda walaupun sama – karena waqof, namun ketika dalam keadaan washolnya berbeda.

Itulah artikel mengenai Perbedaan Mad Lien dan Mad ‘Arid Beserta Contoh semoga bermanfaat, salam dari kami griya waras, see u next time every body. Wassalamu’alaikum wr.wb.

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Perbedaan Mad Lien dan Mad ‘Arid Beserta Contoh"