Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Lahn Jaliy Beserta Contoh dan Hukumnya

GW - Lahn secara lughowi adalah salah baca, dalam bahasa arab banyak artinya serong dari baik, menyimpang dari benar dalam bacaanya, mudahnya ; bacaanya salah dan tidak betul menurut bacaan yang semestinya.

Fenomena salah baca al-qur’an yang menjadi lumrah dikarenakan ma’fu, atau dikarenakan sudah mau membaca al-qur’an saja sudah bagus. Memang benar itu merupakan kegiatan yang bagus, tapi bagaimana kalo mereka asal membaca saja, namun mengenyampingkan bacaan yang benar ? tidakkah ingin merubah menjadi benar atau akan tetap saja demikian, stay dengan kebodohan bacaan seperti fathah dibaca dhommah atau yang lainnya.

Lahn Jaliy

Pengertian lahn jaliy yaitu kesalahan baca yang terjadi pada lafadz – lafadz sehingga merusakkan ukuran bacaan dan ketentuan bahasa arab dan I’robnya, baik sampai merusak ma’na atau tidak.

Lahn jaliy ini kadang terjadi pada bangunan kalimah dan huruf – huruf susunannya, seperti huruf ro’ terganti dod, dal terganti za’, sa’ terbaca sin dan sesamanya.

Dan terkadang terjadi pada harokat – harokat, seperti fathah terganti kasroh, dhommah terbaca fathah, atau salah satu harakat itu terbaca sukun, baik sampai merubah ma’na seperti membaca fathahnya ta’ yang dalam lafadz tarokta (تَرَك٘تَ) dari aslinya lafadz taroktu (تَرَك٘تُ) atau tidak merubah ma’na, seperti membaca dhommah pada ha’nya (إِنَّ اللهَ) innallaha terbaca (إِنَّ اللهُ) innallahu.

Lahn jaliy macam ini hukumnya haram syar’an dengan kompaknya para ‘Ulama muslimin, yang menjalankan akan terkena siksa kalau dengaja. Kalau lupa atau memang benar bodoh dan tidak bisa maka tidak haram.

Mengapa ko bisa dinamakan lahn jaliy ? karenan sebabnya terang atau jelas yakni tidak samar lagi diketahui bagi siapa saja, baik orang ahli bacaan atau bukan ahli baca.

Jadi mengenai lahn jaliy ini haruslah berhati – hati, walaupun aslinya memang bodoh kalau tidak mau belajar dan tidak ada niatan untuk memperbaiki, sama saja hal itu sengaja merawat kesalahan yang aslinya bisa diperbaiki.

Itulah artikel mengenai Pengertian Lahn Jaliy Beserta Contoh dan Hukumnya semoga bermanfaat salam dari kami griya waras see u next time every body.

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Pengertian Lahn Jaliy Beserta Contoh dan Hukumnya"