Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaidah Hukum Tajwid yang Ada Pada 3 Surat Penting GW

GW - Setiap surat di dalam al-qur'an pasti ada yang namannya kaidah tajwid didalamnya, mulai dari hukum nun sukun, hukum mim sukun, mad, qalqalah, sifatnya huruf, tafkhim, tarqiq dan kaidah lainya yang dimaksudkan untuk membaguskan bacaan dan memperindahnya, karena sesuai dengan perintahnya yang ada didalam al-qur'an sendiri bahwa membaca al-qur'an itu harus dengan bacaan yang tartil dalam sebuah kutipan ayat di terangkan, yang berbunyi WARATTILI LQUR'AANA TARTIILA, artinya dari ayat tersebut bahwa seorang yang membaca Al-qur'an hendaklah sesuai dengan pedoman yang shohih.

Sudah tahukan bagaimana pentingnya belajar tajwid ? untuk memperlancar dan memahirkan pengetahuan mengenai tajwid, maka perlu adanya latihan-latihan baik membaca ayat al-qur'an itu sendiri atau mencari dan menelaah setiap bacaan al-qur'an yang di baca, seperti misalkan pada surat Al-ikhlas, Annas, Al-falaq di bawah ini. Adakah kaidah hukum nun sukun, hukum mim sukun, mad di dalamnya ? misalkan tidak ada, apa saja si kaidah tajwid yang ada pada surat Al-ikhlas, Anna, Al-falaq ?

Kaidah hukum Tajwid yang Ada Pada Surat Al-ikhlas, Annas, Al-falaq

قُلۡ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ (1) ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ (2) لَمۡ یَلِدۡ وَلَمۡ یُولَدۡ (3) وَلَمۡ یَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدُۢ (4)

قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلۡفَلَق (1) مِن شَرِّ مَا خَلَقَ (2) وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِن شَرِّ ٱلنَّفَّـٰثَـٰتِ فِی ٱلۡعُقَدِ (4) وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5) 

قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ (1) مَلِكِ ٱلنَّاسِ (2) إِلَـٰهِ ٱلنَّاسِ (3) مِن شَرِّ ٱلۡوَسۡوَاسِ ٱلۡخَنَّاسِ (4) ٱلَّذِی یُوَسۡوِسُ فِی صُدُورِ ٱلنَّاسِ (5) مِنَ ٱلۡجِنَّةِ وَٱلنَّاسِ (6)

Kaidah hukum tajwid apa saja yang pada surat Al-ikhlas ? 

1. Dimulai dari ayat pertama yakni lafadz قُلۡ kaidah bacanya yakni idzhar lamnya dibaca jelas karena huruf selanjutnya tidak adanya lam atau ro yang mengharuskan untuk idgham.

2. Pada lafadz هُوَ ٱللَّهُ maka itu cara bacanya yakni dibaca tafkhim yakni menebalkan suaranya huruf karena sebelum lafadz Allah itu berharakat fathah.

3. Lafadz أَحَدٌ seharusnya tidak ada hukum bacaanya, hanya saja karena diwagafkan maka dal pada lafadz ahadu itu harus dibaca qalqalah kubro karena dal termasuk huruf qalqalah yang mati pada akhir kalimat.

4. Pada ayat 2 kurang lebih hampir sama dengan kaidah 2, disitu ada hamzah washol, tata cara bacanya yakni dengan mengharakati fathah pada hamzah washol di karenakan permulaan kalimat dan ashomat dibaca tafkhim.

5. Pada ayat ketiga ini menarik sekali adanya huruf qalqalah, dan juga ada kaidah hukum bacaan idzhar syafawi  لَمۡ یَلِدۡ وَلَمۡ یُولَدۡ dengan di tandainya huruf yang warna merah.

6. Akhir ayat dari surat al-ikhlas ini sepertinya agak lebih kompleks yakni ada 1 hukum mim sukun yakni idzhar syafawi, ada 2 hukum nun sukun yakni idgham bilaghunnah dan idzhar, mad thobi'i (mad asli), dan qalqalah pada akhir kalimat yakni di tandai dengan warna merah pada setiap huruf yang mengandung hukum tersebut وَلَمۡ یَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدُۢ.

Kaidah hukum tajwid apa saja yang pada surat Annas ?

1. Di ayat pertama pada surat annas, disitu terlihat ada lam ta'rif yang hukumnya dibaca idzhar قُلۡ, kemudian ada mad thobi'i dhummah di ikuti dengan wawu sukunأَعُوذُ, ada lagi hukum bacaan ghunnah ٱلنَّ dan mad arid lissukun di karenakan adanya fathah diikuti dengan alif kemudian ada sin dan terletak pada akhir kalimat ٱلنَّاسِ.

2. Di ayat 2 ada ghunnah مَلِكِ ٱلنَّ dan mad arid lissukun ٱلنَّاسِ.

3. Di ayat 3 terdapat hukum bacaan ghunnah , mad thobi'i إِلَـٰهِ dan mad arid lissukun ٱلنَّاسِ.

4. Sedangkan di ayat 4 ada hukum nun sukun yakni ikhfa' مِن شَ, ro' yang dibaca tarqiq شَرِّ karena harakat kasrohnya, kemudian ada al tarqiq, mad thobii وَاسِ, ghunnah لۡخَنَّا, mad arid lissukun. 

5. Pada ayat yang kelima (5) ada lam fi'il karena adanya dzal dan lam fi'il tersebut bertasydidٱلَّذِی d , 3 mad thobi'i, kemudian ada ghunnah, dan mad arid lissukun.

6. Kemudian pada akhir ayat dari surat annas, ada bacaan yang harus dibaca dengan kaidah lam ta'rif  مِنَ ٱلۡ, ghunnah ٱلۡجِنَّةِ & وَٱلنَّاسِ dan mad arid lissukun وَٱلنَّاسِ.

Kaidah hukum tajwid apa saja yang pada surat Al-falaq ? 

Pada surat Al-falaq artinya adalah fajar, disini terdapat beberapa kaidah hukum bacaan yakni hukum nun sukun ada 2 yakni ikhfa ada 4 titik, kemudian idzhar ada 2 titik, selain hukum nun sukun juga terdapat kaidah qalqalah sebanyak 5 titik dan ghunna 1 titik.

Pada Ketentuan tersebut belum termasuk adanya ro' yang di baca tarqiq, dan adanya lam ta'rif yang dibaca idzhar jelas.

Itulah begitu kerenya dan supernya didalam satu surat Al-ikhlas saja, banyak sekali kaidah yang bisa dipelajari, itu hanya dan baru ilmu tajwidnya saja, belum nahwu dan sorofnya, tidak akan bosan untuk mendalami dan mempelajari tiap ayat-ayat yang ada didalam al-qur'an kalo sudah cinta.

Bahwa dari pertanyaan sebelumnya yakni pada surat al-ikhlas, al-falaq, an-nas adakah hukum nun sukun dan tanwin ? adakah hukum mim sukun atau mati/sakinah ? jawabanya adalah ada, bahkan tidak hanya kaidah itu saja ada kaidah-kaidah lain seperti qalqalah, mad dan lam tafkhim.

Nah itulah artikel mengenai Kaidah Hukum Tajwid yang Ada Pada 3 Surat Penting gw semoga bermanfaat, salam dari kami griyawaras.com see u next time.

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Kaidah Hukum Tajwid yang Ada Pada 3 Surat Penting GW"