Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Orang yang Tidak Diwajibkan Untuk Berpuasa GW

 GW - Assalamualaikum sobat griya waras, semoga harinya selalu membahagiakan dan selalu dalam kedamaian, bulan puasa merupakan bulan yang sangat dinanti - nantikan oleh kaum mu'minin, bulan dimana bulan penuh rahmat, penuh ampunan.

Di bulan itu pula kaum muslim di seluruh dunia melaksanakan perintah Allah yakni puasa sehari penuh, menahan dari rasa lapar, rasa haus begitupun juga syahwat dan hawa nafsu. Begitu amat berat perintah ini sehingga terdapat beberapa golongan yang tidak diwajibkan untuk berpuasa, Berikut ini di antara 9 Orang yang tidak diwajibkan untuk berpuasa :

9 Orang yang Tidak Diwajibkan Untuk Berpuasa

1. Anak Kecil atau Wong Cilik 

Anak kecil merupakan Orang yang belum dalam masa akil baligh, yakni dengan di tandainya keluarnya darah kotor atau haid pada perempuan, sedangkan laki - laki ditandai dengan mimpi basah, anak kecil ini tidak diwajibkan puasa, bahkan juga tidak perlu membayarnya atau mengganti ketika sudah dewasa nanti, misalkan mau mengganti pun boleh - boleh saja, akan tetapi tidak diwajibkan, yang mana apablia tidak dilakukan juga tidak dosa.
Pixabay.com

2. Orang Gila atau Wong Edan

Orang Gila atau Wong Edan itu bebas katanya, yah familiar dengan kata - kata seperti itu, tentunya hal itu memang amat benar sekali, tidak ada tuntutan tidak adanya beban dalam dirinya dan agamanya karena rusaknya akan suatu akal entah akan suatu sebab.
Pixabay.com

3. Orang Tua yang Sudah Renta atau Wong Tuik

Orang Tua yang Sudah Renta atau Wong Tuik merupakan orang yang lemah akan jisimnya, ingin berdiri saja sudah susah, perlu di bopong. orang tua yang lemah akan dayanya ini tidak di wajibkan puasa dan juga tidak wajibkan mengganti akan tetapi ketika sudah meninggal nanti diwajibkan untuk membayar fidyah, fidyah adalah harta tebusan dengan kadar yang telah ditentukan.

Pixabay.com

4. Orang yang dalam bepergian jauh atau Musyafir

Musyafir merupakan orang yang sedang dalam bepergian jauh dengan jarak yang telah di tentukan, namun dengan meningkatnya alat transportasi sekarang ini tentu jarak tidak menjadi tolak ukur utamanya, akan tetapi waktu tempuhnya dan kondisi. Dimisalkan orang yang bepergian dari semarang ke jakarta dengan naik sepeda motor, wah tentu itu sangat melelahkan sekali. Nah, musyafir ini tidak diwajibkan puasa akan tetapi ketika sudah tidak dalam bepergian di wajibkan untuk menggantinya.

Pixabay.com

Pixabay.com
5. Orang Haid atau Menstruasi

Orang haid atau menstruasi merupakan keluarnya darah kotor yang terjadi pada perempuan di masa tanggal yang biasa terjadi ketika seorang perempuan sudah akil baligh, orang haid tidak diwajibkan puasa namun ketika sudah tidak haid, diwajibkan untuk menggantinya. 

6. Orang Hamil

Yakni ibu yang sedang mengandung dengan keadaan kandungan yang sudah tua, atau lemahnya akan keadaan ibu yang sedang mengandung. 

7. Orang yang Menyusui

Pentingnya kebutuhan asi untuk bayi, sehingga perlu banyaknya nutrisi yang harus dikonsumsi sehingga terjaga asi yang berkwalitas baik untuk bayi, selai itu juga agar tidak lemas sekali, sudah puasa di peras pula nutrisinya. 

8. Orang dala Masa Nifas 

Nifas merupakan darah yang keluar dari rahim disebabkan karena telah usai melahirkan. 

9. Orang yang Sedang Sakit Keras dan Tidak bisa Sembuh

Orang yang sakit tidak di wajibkan berpuasa karena lemahnya badan, mempunyai untuk sehat saja sudah bagus sekali, keadaan ini tidak di wajibkan untuk menggantinya, namun berbeda ketika keadaan sakit tersebut bisa sembuh. Maka, ketika sudah harus di ganti.

Pixabay.com

Kesimpulan 

Bahwa orang tergolong kedalam 9 sebab di atas tadi, tidak di wajibkan berpuasa dengan ketentuan beberapa syarat untuk tidak membayar fidyah atau mengganti puasa. Oleh karenannya dalam suatu kampung atau di masyarakat ketika ada orang yang tidak berpuasa bisa jadi tergolong kedalam salah satu sebab di atas tadi. tidaklah baik untuk berprasangka buruk terhadap sesama. 

Itulah artikel singkat mengenai 9 Orang yang Tidak Diwajibkan Untuk Berpuasa, seoga bermanfaat wassalamulaiakum. salam griyawaras.com

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "9 Orang yang Tidak Diwajibkan Untuk Berpuasa GW"