Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Contoh Ikhfa' Syafawi Pada Surat Muhammad dan Yunus GW

GW - Seperti yang sudah dijelaskan kemaren mengenai bab kaidah hukum bacaan mim sukun atau mim mati yakni setiap ada huruf mim sukun atau mim mati atau mim sakinah bertemu dengan huruf Ba' maka hukumnya dibaca Ikhfa' Syafawi bukan Idzhar dan juga bukan pula idghom mistli yang padahal hurufnya berbeda sekali, pokoknya selalu di ingat bahwa ba adalah hurufnya ikha syafawi, dengan ketentuan di baca panjang satu alif.

Pentingnya mengulangi pelajaran yang sudah didapat ini adalah salah satunya dengan memahami dan menelaah pada setiap bacaan yang ada di dalam Al-qur'an misalkan Seperti Kumpulan Contoh Tajwid Lengkap Hukum Mim Sukun Ikhfa Syafawi Pada Surat Muhammad dan Yunus yang akan di bahas dibawah ini.

Contoh - Contoh Ikhfa' Syafawi Pada Surat Yunus dan Surat Muhammad 

Penulisan contoh ikhfa' syafawi dibawah ini diharapkan dapat menambahkan wawasan dan ilmu mengenai hukum mim sukun dan pembagianya, jadi ketika membaca mushaf Al-Qur'an tidak hanya membaca saja atau mencari tahu artinya saja namun juga mendapatkan ilmu baru yakni ilmu tajwid, karena saking banyaknya ilmu yang ada didalam Al-Qur'an salah satu nya adalah ilmu tajwid tadi, dan rugi rasanya kalo tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya. Berikut dibawah ini Contoh ikhfa' syafawi :


وَلٰكِنْ لِّيَبْلُوَا۟ بَعْضَكُمْ بِبَعضٍۗ
فَهَلْ يَنْظُرُوْنَ اِلَّا السَّاعَةَ اَنْ تَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً
وَلَوْ نَشَاۤءُ لَاَرَيْنٰكَهُمْ فَلَعَرَفْتَهُمْ بِسِيْمٰهُمْ
اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ يَهْدِيْهِمْ رَبُّهُمْ بِاِيْمَانِهِمْۚ
 وَلَوْ يُعَجِّلُ اللّٰهُ لِلنَّاسِ الشَّرَّ اسْتِعْجَالَهُمْ بِالْخَيْرِ لَقُضِيَ اِلَيْهِمْ اَجَلُهُمْۗ
وَجَاۤءَتْهُمْ رُسُلُهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ وَمَا كَانُوْا لِيُؤْمِنُوْا
قُلْ لَّوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا تَلَوْتُهٗ عَلَيْكُمْ وَلَآ اَدْرٰىكُمْ بِهٖ
ثُمَّ اِلَيْنَا مَرْجِعُكُمْ فَنُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ
اَنْتُمْ بَرِيْۤـُٔوْنَ مِمَّآ اَعْمَلُ وَاَنَا۠ بَرِيْۤءٌ مِّمَّا تَعْمَلُوْنَ
فَاِذَا جَاۤءَ رَسُوْلُهُمْ قُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطِ وَهُمْ لَا يُظْلَمُوْنَ
اَثُمَّ اِذَا مَا وَقَعَ اٰمَنْتُمْ بِهٖۗ
وَمَآ اَنْتُمْ بِمُعْجِزِيْنَ
وَقُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطِ وَهُمْ لَا يُظْلَمُوْنَ
فَجَاۤءُوْهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ
وَقَالَ مُوْسٰى يٰقَوْمِ اِنْ كُنْتُمْ اٰمَنْتُمْ بِاللّٰهِ

Kumpulan contoh di atas, semuanya yang di tandai dengan tebal dan warna merahnya huruf mim dan ba' adalah hukum bacaan ikhfa' syafawi, cara bacanya yakni dengan cara bertemunya bibir atas dan bawah sehingga tercipta nya bentuk bibir yang rapat untuk mengawali pengucapan atau pelafadzan huruf selanjutnya yakni ba'.

Dimisalkan seperti contoh satu berikut وَمَآ اَنْتُمْ بِمُعْجِزِيْنَ. Nah, pada lafadz tersebut mana si yang menunjukkan hukum bacaan ikhfa' syafawi ? sekarang langkah pertama yang harus di cari adalah huruf mim yang berharakat sukun (sakinah) atau mati, karena ini adalah salah satu tandanya hukum bacaan mim sukun, setelah menemukan mim yang berharakat sukun, maka perlu di ingat huruf hukum bacaan ikhfa' syafawi itu apa si ? huruf ikhfa' syafawi adalah BA', silahkan cari huruf mim yang berharakat sukun dan setelah mim yang tersukun tersebut terdapat huruf ba'. Lihat dan cermati baik-baik huruf tebal yang berwarna merah pada lafadz tersebut, sudah ketemu bukan yakni pada huruf  اَنْتُمْ بِمُعْجِزِيْنَ.  

Bahwa pada surat muhammad dan surat yunus, disitu hanya terdapat beberapa contoh hukum bacaan ikhfa' syafawi, jumlahnya tidak banyak yakni hanya 15 bacaan yang terdiri dari surat yunus dan surat muhammad. Sedangkan pada contoh-contoh yang tertulis ditandai dengan tebalnya huruf pada setiap lafadz dan berwarna merah. 

Itulah artkel mengenai 15 Contoh Ikhfa' Syafawi Pada Surat Muhammad dan Yunus GW, semoga beramnfaat salam dari kami Griyawaras.com see unext time.

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "15 Contoh Ikhfa' Syafawi Pada Surat Muhammad dan Yunus GW"