Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Pengertian Ikhfa Syafawi Beserta Contoh dan Permasalahanya GW

GWIkhfa’ syafawi merupakan hukum bacaan yang menjadi bagian dari hukum mim sukun, berbeda lagi dengan hukumnya nun sukun atau nun Sakinah dan tanwin, kalo ikhfa’ pada nun sukun itu pengelompokan hurufnya ada 15 dan huruf sebelumnya itu adalah nun mati dan tanwin.

Mudah sekali untuk membedakan antara ikhfa’ pada pembagianya nun sukun dan mim sukun, tinggal melihat kondisi keduanya, dan juga melihat dari huruf yang dimiliki antara keduanya, karena diantara keduanya itu tidak memiliki huruf yang sama dan pula dalam kondisinya juga berbeda, walaupun tujuannya sama yakni sama-sama menyamarkan.

Pengertian Ikhfa Syafawi

Ikhfa’ syafawi merupakan bagian dari hukum bacaan mim sukun yang mempunyai bagian huruf hija’iyah yang berupa ba’, jadi ikhfa’ syafawi adalah menyamarkan hurufnya ba kedalam hurufnya mim mati untuk menjadikanya dibaca panjang dan bersiap untuk membaca ba.

Dengan kata lain ikhfa’ syafawi yaitu setiap ada mim sukun bertemu atau huruf selanjutnya itu adalah ba’ maka dihukumi ikhfa’ syafawi dengan cara membacanya yakni dibaca panjang satu alif atau 2 harakat.

Cara membaca ikhfa’ syafawi yakni dengan merapatkan bibir dan bersiap untuk membaca hurufnya ba’ dan berdengung satu alif atau dua ketukkan. Ikhfa syafawi itu tidak memiliki huruf lain selain huruf ba’, kalo yang 15 huruf itu miliknya ikhfa pada hukum nun sukun.

Nah, kemudian kenapa ko dinamakan ikhfa’ syafawi ? apa itu syafawi ? syafawi bermakna bibir dan ikhfa artinya menyamarkan. Dengan keadaan bertemunya bibir atas dan bibir bawah yang kemudian menyamarkanya untuk bersiap masuk membaca hurufnya ba’.

Contoh-Contoh Ikhfa’ Syafawi

Contoh

Sebab

Hukum

بَعْضَكُمْ بِبَعْضٍۗ

Bertemunya mim sukun dengan ba’

Ikhfa’ Syafawi

اَنْ تَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً

Bertemunya mim sukun dengan ba’

Ikhfa’ Syafawi

فَلَعَرَفْتَهُمْ بِسِيْمٰهُمْ

Bertemunya mim sukun dengan ba’

Ikhfa’ Syafawi

يُرْضُوْنَكُمْ بِاَفْوَاهِهِمْ

Bertemunya mim sukun dengan ba’

Ikhfa’ Syafawi

وَهُمْ بَدَءُوْكُمْ

Bertemunya mim sukun dengan ba’

Ikhfa’ Syafawi

عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ بِالْكُفْرِۗ

Bertemunya mim sukun dengan ba’

Ikhfa’ Syafawi

يُبَشِّرُهُمْ رَبُّهُمْ بِرَحْمَةٍ

Bertemunya mim sukun dengan ba’

Ikhfa’ Syafawi

Pada contoh-contoh diatas itu, ada bagian dimana seperti mim sukun bertemu dengan ro’ itu tidak termasuk kedalam bagian dari hukum ikhfa’ syafawi namun tetap menjadi bagian dari hukumnya mim sukun, akan tetapi termasuk kedalam bagian lain yakni idzhar syafawi. Pahamilah !.

Permasalahan-permasalahan

Bagaimana kalo ada keadaan seperti lafadz لِذَنْۢبِكَ Apakah masih termasuk kedalam hukum ikhfa’ syafawi dan apakah termasuk ke dalam hukummim sukun ?

Jawabanya adalah tidak, silahkan dipahami mengenai hukum dan pembagian nun sukun, perlu diingat mengenai hukumbacaan nun sukun, bahwa harus selalu diingat mengenai bagian dari huruf-hurufnya setiap hukum, kalo disitu terdapat nun sukun berarti menjadi bagianya dari hukum nun sukun, begitupun ketika disitu terdapat huruf mim yang tersukun maka disitu kemungkian ada kejadian bagian dari pada hukum mim sukun, entah itu nanti menjadi bagianya dari ikhfa’ syafawi, idzhar syafawi atau idgham mislain.

Bagaimana cara membaca ikhfa’ syafawi itu ? pahamilah dan baca artikel diatas insyaAllah terjawab.

Apa arti dari syafawi dan ikhfa itu ?

Apakah penting mengetahui bacaan ikhfa’ syafawi ? jawabanya adalah penting karena wajibnya sebagai ummat muslim untuk membetulkan sebuah bacaan apalagi dalam al-qur’an pelajarilah ilmu tajwid supaya pandai membaca alqur'an dan cinta alqur'an.

Nah, itulah artikel mengenai Tentang Pengertian IkhfaSyafawi Beserta Contoh dan Permasalahanya GW semoga bermanfaat, selalu dukung kami dengan selalu hadir dan membaca artikel kami. Salam griyawaras.com dan sehat selalu see u next time.

Saran Video Trending Fokus Artis

Saran Video Menarik Tentang Artis Syakir

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Tentang Pengertian Ikhfa Syafawi Beserta Contoh dan Permasalahanya GW"