Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembagian Idghom Beserta Contoh dan Penjelasan GW

GW - Pada artikel sebelumnya telah di bahas mengenai bab nun sukun dan juga bab mim sukun, yang mana dari kedua bab tersebut telah ada jenis bacaan yang akan di bahas pada artikel ini, yakni mengenai bab idhgom.

Kalo kalian sudah menyimak pada bab nun sukun dan mim sukun, tentunya sudah pasti sedikit tahu tentang apa itu idgham ? baik dari segi bahasa dan juga istilah, dari segi bahasa itu sendiri idgham bermakna memasukkan. 

Sudahkah kalian mulai ingat mengenai bagaimana ketentuan dan cara baca dari idgham tersebut ? yah begitulah kira-kira, yakni memasukkan suatu huruf dengan ketentuan sesuai hukum bacaan yang sedang berlaku, misalkan pada hukum nun sukun maka memasukan huruf idgham ke dalam huruf nun mati atau sakinah atau sukun, sedangkan pada bab mim sakinah atau mim sukun juga sama demikian.

Pembagian Idgham Menurut Hafsh thoriq Ubaid bin As shobah

Idgham merupakan sebuah hukum bacaan yang mempunyai ketentuan untuk memasukkan huruf dengan cara baca sesuai dengan keadaan hukum yang sedang terjadi.

Telah diterangkan pada kitab syafinatunnajah karangan dari kyai muthohar bahwa pada bab idgham itu sendiri terbagi menjadi dua (2) bagian yakni idgham mistli dan idgham jinsi, sedangkan menurut hafsh thoriq ubaid bin as shobah idgham dibagi menjadi (3) yakni idgham mistli, idgham jinsi dan idgham mutaqorriben dari ketiga jenis ini maka akan terlihat perbedaannya, yang di lihat dari keadaan huruf dan sifat huruf itu sendiri. Misalkan ta' dan tho', dzal dan dzo beda huruf namun sama akan makhrojnya. Nah di bawah ini akan di paparkan mengenai :

Pengertian APA ITU IDGHAM MISTLI ? 

Pengertian APA ITU IDGHAM JINSI ?

Pengertian APA ITU IDGHAM MUTAQARRIBEIN ?

Berikan CONTOH IDGHAM MISTLI DAN IDGHAM JINSI !

Jelaskan maksud contoh-contoh !

Pengertian Idgham Mistli

Idgham mistli merupakan suatu hukum yang terjadi pada kondisi ketika ada huruf dua (2) dan keduanya itu sama, baik dari segi huruf dan makhrojnya. Kemudian apakah setiap huruf huruf yang sama tersebut di hukumi idgham mistli ? 

Ada beberapa kaidah atau ketentuan yang harus diperhatikan agar dua huruf yang sama tersebut masih dalam koridor hukum idgham yakni dilihat dari segi harakatnya misalkan wawu sukun bertemu dengan wawu dhommah huruf sebelum wawu sukun berharakat dhommah maka kejadian itu termasuk ke dalam idgham mistli.

Lantas bagaimana ketika ada kejadian dimana ya' sukun bertemu dengan ya' fathah yang mana sebelum ya' sukun berharakat kasrah ? masihkah di hukumi idgham mistli ? jawabanya adalah tidak, di karenakan bertemunya kasroh dan ya' yang menjadikan hukum lebih dahulu di baca mad, sedangkan pada keadaan ya' di baca idzhar yang artinya adalah jelas.

Pengertian Idgham Jinsi 

Idgham jinsi adalah memasukkan huruf dua yang sama akan makhroj namun beda akan sifatnya seperti THO' dan DAL, DZAL dan DZO', DAL dan TA', LAM dan RO', TA' dan THO'. 

Kemudian adakah kaidah dimana setiap harakat sesudah dan sebelum huruf dua tersebut bertemu harus di baca selain bacaan idgham tersebut ? pada hukum idgham jinsi tidak ada ketentuan hal itu namun akan tetap di baca idgham jinsi dalam bentuk kabiir dan shogiir di misalkan keadaan dimana TA' dan THO' dengan sama berharakat namun beda jenis, yang TA' berharakat kasrah, sedangkan THO' berharakat fathah, dari dua huruf tersebut yang sama - sama berharakat masih termasuk kedalam idgham jinsi yang tergolong kabiir. 

Pengertian Idghom Mutaqrribein

Idghom mutaqrribein adalah memasukkan huruf yang dekat akan makhroj dan sifatnya 

Contoh Idgham Mistli, Idgham Mutaqorribein dan Idgham Jinsi Beserta Penjelasan 

1.  في يوم (FII YAUMIN)

2. اذذهب (IDZ DZAHABA)

3. قل رب (QUL ROBBI)

4. لقدتاب (LAQOD TAABA)

Dari keempat contoh tersebut, tidak semua milik idgham mistli dan juga tidak semua milik idgham jinsi, contoh 2 merupakan contoh dari idgham mistli, kemudian contoh 1 merupakan contoh dimana keadaan yang semestinya idgham mistli namun gugur keadaan dikarenakan harakat sebelum ya' sukun yang berharakat kasroh, yang mewajibkan untuk dibaca idzhar, agar haknya bacaan terpenuhi. 

Kemudian 3 adalah contoh dari idgham mutaqorribein dan 4 merupakan contoh dari idgham jinsi di karenakan adanya dua huruf yang sama akan makhrojnya namun beda akan siftanya, dan contoh tersebut tergolong idgham jinsi shogiir. 

Dapat di simpulkan bahwa idgham jinsi dan idgham mistli jelas memiliki perbedaan yang sangat menonjol sekali, yang dilihat dari segi sifat dan makhrojnya tersebut, apalagi telah terjadi kondisi-kondisi tertentu yang di misalkan adanya sebuah harakat. 

Nah itulah artikel mengenai Pembagian Idghom Beserta Contoh dan Penjelasan GW, semoga bermanfaat see u next time, salam dari kami griyawaras.com.

GW Berbagi 

Belajar : Akhlak

Belajar : Fiqih

Belajar : Tajwid

Posting Komentar untuk "Pembagian Idghom Beserta Contoh dan Penjelasan GW"